Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Mudah Cegah Nyeri Saat Kenakan Sepatu Tumit Tinggi

Kompas.com - 01/06/2015, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

 

KOMPAS.com - Sepatu tumit tinggi atau high heels merupakan salah satu sepatu andalan kaum wanita. Selain mempercantik penampilan, sepatu tumit tinggi ternyata diyakini ampuh meningkatkan kepercayaan diri wanita. Akan tetapi, mengenakan sepatu jenis ini bukanlah hal mudah, sebab tidak jarang menyebabkan rasa nyeri hingga terjadi luka.

Menurut sebuah survei yang digelar oleh The American Podiatric Medical Association (APMA) tahun 2014, hampir separuh responden wanita atau sebanyak 49 persen mengenakan sepatu tumit tinggi. Meski demikian, mayoritas atau 79 persen wanita yang mengenakan sepatu tumit tinggi, kerap merasakan nyeri.

Meskipun berisiko menyebabkan nyeri, sepatu tumit tinggi tetap menjadi pilihan bagi sebagian besar wanita. Nah, berikut ini beberapa langkah mudah untuk menghindari rasa nyeri tersebut.

Pertama, pilihlah sepatu tumit tinggi dengan tinggi standar. "Sebaiknya pilih sepatu yang tinggi tumitnya mencapai tiga inci atau lebih rendah. Sepatu yang lebih tinggi akan mengubah biomekanika berjalan Anda, sehingga secara tidak langsung akan menekan bagian punggung dan pinggang," ujar Emily Splichal DPM, podiatris dan dokter spesialis pergerakan manusia.

Kedua, hindari mengenakan sepatu tumit tinggi dengan tumpuan yang tipis dan berujung sempit. Sebaliknya, kenakan sepatu yang memiliki struktur relatif tebal. "Sepatu tumit tinggi berstruktur tebal akan memberikan stabilitas dan tidak akan membuat berat badan tetrumpu pada satu titik, sehingga risiko cidera akan lebih sedikit," jelas Elena Blanco DPM dari New Jersey's Hackensack Center for Foot Surgery, Amerika Serikat.

Cara lain adalah, membuat semacam jadwal pemakaian sepatu yang bergantiian. Apabila hari ini Anda mengenakan sepatu setinggi tiga inci, maka kenakan sepatu dua inci keesokan harinya. Di hari berikutnya, Anda bisa kenakan sepatu datar.

"Ini adalah cara untuk memberikan istirahat bagi kaki Anda. Sebaiknya, kenakan sepatu yang lebih datar dan nyaman untuk berjalan kaki, bekerja, atau pada acara-acara besar. Anda bisa mengganti sepatu dengan sepatu tumit tinggi ketika hadir di acara yang lebih fromal," tutur dr Blanco.

Demikian beberapa cara mudah menghindari rasa sakit saat mengenakan sepatu tumit tinggi. Apabila Anda merasa nyaman saat mengenakan sepatu, maka suasana hati Anda akan ikut baik. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com