Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2015, 13:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com — Setelah melakukan prosedur operasi plastik, faktanya setiap orang harus melalui masa penyembuhan. Masa penyembuhan operasi plastik, inilah yang sering kali tak terpikirkan oleh pasien bedah plastik. Terlalu fokus dengan tujuan dan perubahan bentuk tubuh atau wajah, kadang terlupa perawatan lanjutan apa saja yang harus dilakukan setelah melewati tahap operasi tersebut. Menyiapkan mental untuk menghadapi masa penyembuhan juga perlu dipertimbangkan. 

Kompas Female berbincang dan bertanya kepada seorang dokter spesialis bedah plastik, dr Tompi, mengenai tahapan-tahapan yang harus dilalui pasca-operasi plastik. Dr Tompi pun menjelaskan, "Pada dasarnya, tindakan penyembuhan pada tiap orang rata-rata sama. Dalam tiga sampai lima hari pertama, akan muncul bengkak, bahkan kadang terlihat memar. Kemudian, setelah hari ketiga pasca-operasi, barulah pasien dapat mulai membuka perban." Dr Tompi juga menerangkan bahwa pasca-operasi plastik selang lima hari, bengkak dan memar akan mulai mengempis. Warna kebiruan di seputar area operasi pun akan perlahan menghilang.  

"Setelah melewati dua minggu, biasanya 'bentuk baru' sudah enak dilihat. Walau masih kaku, dan jika tersentuh masih agak ngilu. Tapi, secara tampilan, sudah jauh lebih enak dipandang dan terlihat perubahannya," terang dr Tompi. Untuk sampai pada tahap benar-benar nyaman untuk disentuh atau normal kembali yaitu pada tiga sampai enam bulan pasca-operasi. Selanjutnya, dalam waktu lebih kurang satu tahun, hasil operasi pun akan terlihat benar-benar sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com