Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2015, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
Siapa sangka, berolahraga pun ternyata dapat menimbulkan munculnya jerawat pada kulit. Jerawat ini muncul lantaran meningkatnya panas dan kelembapan tubuh yang terjadi saat berolahraga. Namun, Anda tentu tidak akan berhenti olahraga hanya karena risiko munculnya jerawat, bukan? 
"Jerawat yang timbul karena olahraga disebabkan oleh bakteri dan pori-pori yang tersumbat yang disebabkan penggunaan topi, sarung tangan, hingga tabir surya. Bakteri kemudian terakumulasi di pori-pori dan menyebabkan jerawat," ungkap Dr Ronald Moy, dermatolog dan wakil presiden Skin Cancer Foundation, Amerika Serikat.

Selain itu, Moy menjelaskan pula, bahwa penggunaan produk-produk perawatan kulit selama berolahraga pun dapat menimbulkan jerawat. "Produk yang lengket dan melembapkan kulit lebih cenderung menyebabkan jerawat dan peradangan," jelasnya.

Selanjutnya, Moy mengungkapkan bahwa orang yang sudah berjerawat akan lebih mudah mengalami penyumbatan pori dan penumpukan bakteri pada kulit yang menyebabkan jerawat ketika berolahraga. Artinya, apabila Anda sudah melakukan berbagai langkah untuk menjaga agar kulit tetap bersih, maka Anda harus lebih memperhatikan dan menjaga kulit ketika akan berolahraga, guna menghindari risiko jerawat.

Tidak hanya keringat dan kelembapan, udara panas pun dapat meyebabkan timbulnya jerawat akibat perubahan suhu udara. Menurut Moy, kelembapan dapat meningkatkan produksi minyak pada permukaan kulit. Akhirnya, pori-pori pun tersumbat dan meningkatkan jumlah bakteri penyebab jerawat. Kondisi ini akan lebih banyak terjadi ketika suhu udara sangat panas dan terik serta ditambah dengan penggunaan topi, sarung tangan, dan tabir surya.

Untuk itu, Moy menyarankan penggunaan produk perawatan kulit yang bersifat nonkomedogenik guna mencegah penyumbatan pori-pori, khususnya produk pelembab. "Gunakan produk yang ringan yang dapat melembapkan kulit tanpa memberi risiko menyumbat pori-pori. Produk yang seperti ini dapat menurunkan risiko peradangan sekaligus memperbaiki kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari," ungkap Moy.

Adapun Anda yang memiliki kulit sensitif disarankan untuk lebih cermat dalam memilih produk, khususnya dengan kandungan SPF. Sebab, ada produk tabir surya yang mengandung bahan kimia dimana dapat menyebabkan iritasi serta penyumbatan pori-pori. Gunakan produk tabir surya fisikal ketimbang kimia untuk menghindari timbulnya jerawat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com