Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2015, 14:59 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

 

KOMPAS.com – Gaya hidup kaum urban dengan mobilitasnya yang tinggi menuntut penyelesaian serba cepat. Pola hidup saat ini harus terbiasa dengan keadaan itu. 

Pemesanan taksi sebagai moda transportasi umum pilihan masyarakat perkotaan pun mulai berubah. Kini, orang tak perlu bersusah payah mencari taksi yang belum berpenumpang. Bila dilihat ke belakang, ada banyak cara pemesanan taksi. Anda bisa melihat kelebihan dan keuntungannya, seperti berikut ini: 

Memberhentikan di Tepi Jalan

Cara paling konvensional atau istilahnya “jadul” atau zaman dulu untuk mendapatkan taksi adalah memberhentikannya dari tepi jalan. Meski tidak efektif, cara tersebut masih banyak digunakan orang sampai sekarang. 

Bayangkan, Anda harus berpanas-panasan atau berhujan-hujanan menunggu taksi yang tidak berpenumpang. Polusi udara atau basah karena hujan menjadi risikonya. 

Hal itu terasa lumrah, karena kerap dilakukan saat terburu-buru dan dalam keadaan spontan. Sayangnya, memberhentikan taksi di jalan bukan berarti Anda akan cepat mendapatkan taksi.

Lewat Telepon

Pesan taksi melalui telepon menjadi pilihan banyak orang karena dianggap lebih praktis. Anda masih bisa melakukan hal lain saat menunggu taksi datang. 

SHUTTERSTOCK Pesan taksi melalui telepon menjadi pilihan banyak orang karena dianggap lebih praktis.

Sayangnya, memesan lewat telepon jarang membuat taksi datang tepat waktu. Taksi pesanan bisa datang lebih cepat atau bahkan terlambat. Karena itulah, banyak orang khawatir saat menunggu taksi yang dipesan melalui telepon.

Aplikasi Smartphone

Cara yang satu ini menjadi pilihan banyak kaum urban. Selain lebih praktis, penggunaan smartphone semakin identik dengan gaya hidup masyarakat perkotaan.

Tanpa perlu mengeluarkan biaya telepon atau berpanas-panasan menunggu di tepi jalan, Anda bisa memesan dan melacak taksi pesanan datang lewat ponsel. Selain itu, Anda dapat mengetahui estimasi waktu kedatangan dari taksi yang dipesan.

Salah satu layanan pemesanan taksi yang dapat mendukung keseharian kaum urban saat ini adalah GrabTaxi. Layanan pemesanan taksi yang satu ini membuat pengguna merasa lebih nyaman, pemesanan hanya membutuhkan dua kali tap dari ponsel pengguna.

Shutterstock Kini, aplikasi untuk jasa pemesanan taksi pada smartphone menjadi perhatian baru.

Tanpa perlu menunggu taksi di pinggir jalan, Anda dapat menggunakan waktu menunggu untuk hal yang lain. GrabTaxi juga menjamin keamanan para penumpangnya. Pengguna aplikasi dapat mengetahui identitas diri pengendara taksi secara detail mulai dari foto, nama, nomor ponsel serta plat nomor taksi.

Tak hanya itu, aplikasi GrabTaxi juga dilengkapi dengan fitur Share My Ride. Dengan fitur ini, para pengguna aplikasi dapat memberikan informasi kepada keluarga dan orang terdekat mengenai jarak tempuh dan jalur yang diambil, sehingga perjalanannya terlacak.

Ingin merasa lebih nyaman lagi? GrabTaxi menggelar kampanye #Nyaman sebagai bentuk sosialisasi jasa transportasi taksi menjadi pilihan pengguna karena kenyamanannya. Dengan menggunakan kode promo"NYAMAN" saat menggunakan GrabTaxi, Anda akan mendapatkan potongan sebesar Rp15.000. Kampanye ini berlaku mulai 7 Mei hingga 10 Juni 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com