Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2015, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Glamour
KOMPAS.com - Bila Anda bekerja di sebuah kantor yang mewajibkan Anda berbusana dengan tampilan office attire, Anda tentu lebih sulit untuk menciptakan kreasi gaya busana. Akan tetapi, kondisi kantor yang seperti ini bukan berarti membuat Anda tidak bisa tampil modis.

Menurut CEO LaFleur Sarah LaFleur, dalam berbusana di tempat kerja, pastikan Anda mencampurkan warna dan bahan dengan baik, sehingga tidak melunturkan aksen formal dalam berbusana. "Dalam kantor yang formal, Anda dapat bermain gaya tanpa salah kostum, asalkan Anda memilih busana yang dikonstruksikan secara indah," ujarnya.

LaFleur beserta Miyako Nakamura, direktur kreatif MM LaFleur memberikan Anda beberapa panduan praktis agar tetap berbusana penuh gaya di kantor. Berikut uraiannya.

1. Bermain dengan Proporsi
Gaya busana kantor yang standar adalah blazer klasik dengan celana panjang atau rok selutut. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mendobrak gaya tersebut. Anda dapat mengenakan jacket pendek (cropped) yang dipadukan dengan rok terusan selutut misalnya.

2. Jangan Ragu Tampil Beda
Menurut Nakamura, tidak ada salahnya Anda menampilkan gaya busana kantor yang sedikit berbeda, misalnya mengenakan kalung yang panjang atau kemeja dengan kerah lebar, maupun bawahan berpotongan tinggi sepinggang (high waist).

"Rok yang panjang memang sebenarnya bukan busana kantor yang biasa dikenakan, namun Anda jangan ragu mengenakannya. Coba padukan dengan blus berkerah tinggi atau blazer dengan jahitan yang amat bagus," ungkap Nakamura.

3. Perhatikan Busana Bermotif
Menurut Nakamura, busana kantor tidak terpaku pada warna-warna yang tegas. Anda pun dapat bermain dengan motif, namun ada hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam mengenakan busana bermotif ke kantor. "Tinggalkan busana dengan motif bunga yang berlebihan di rumah. Pilih busana dengan motif yang kecil dan berulang dengan rapi," sarannya.

4. Pilih Sepatu yang Pas
Banyak kantor yang memperbolehkan para pegawai untuk mengenakan sepatu yang lebih bervariasi dalam hal gaya ketimbang sepatu tumit tinggi biasa. Namun, jangan sungkan untuk mengenakan sepatu datar warna cerah atau sepatu berujung lancip (pointy toe ) dengan warna cerah atau garis-garis.

5. Eksperimen dengan Gaya Monokrom
Menurut Nakamura, gaya berbusana kantor yang menjadi favoritnya adalah gaya monokrom. "Gaya ini menciptakan nuansa yang bisa membuat Anda terlihat lebih menarik ketimbang gaya busana warna hitam dan putih yang itu-itu saja," sebut Nakamura.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com