Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Injak Usia 46 Tahun, Banyak Orang Lebih Sering Berbohong

Kompas.com - 08/06/2015, 15:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail

KOMPAS.com –- Tak sedikit hubungan asmara pria dan wanita berakhir karena perselingkuhan dan salah satu pihak yang berbohong. Sebenarnya, pria dan wanita, mana yang paling sering membual sehari-hari?

Menurut sebuah hasil poling dari perusahaan Asuransi bernama Privilege, mengatakan bahwa satu di antar tiga orang pasti berbohong setiap hari.

Poling ini melibatkan 2.000 responden dengan sejumlah tema kebohongan. Hasilnya, cukup mengejutkan. Pasalnya, menurut jajak pendapat tersebut, empat dari lima orang wanita berbohong dalam kegiatan sehari-hari.

Namun, apabila dibandingkan dengan pria, maka jumlah wanita yang suka berbohong termasuk tinggi. Sebab, hanya dua di antara lima pria yang berbohong pada kegiatan sehari-hari. Alasan kebanyakan orang berbohong adalah ingin menjaga perasaan orang lain (55 persen), kemudian dilanjutkan dengan agar tak terjebak masalah (32 persen), sedangkan satu diantara empat orang mengaku berbohong karena mengaku hidupnya begitu rumit.

Selain itu, alasan pembuktikan diri dan melindungi harga diri termasuk sebagai alasan orang lain berbohong.  

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa tempat paling sering orang berbohong adalah di rumah, wawancara pekerjaan, sosial media, dan portofolio pengalaman kerja.

Lalu, saat ditanya siapa yang paling sering dibohongi, kebanyakn menjawab teman, rekan kerja, pasangan, dan terakhir anak. Paling menarik, hasil penelitian menunjukan usia pertengahan, yakni 46 tahun adalah usia paling banyak menyatakan kebohongan, padahal selama ini usia muda seperti remaja yang paling diidentikkan sering berbohong.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com