Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curahan Hati "Miss Japan" yang Tak Diterima di Negaranya Sendiri

Kompas.com - 09/06/2015, 17:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Mirror


KOMPAS.com
 Ariana Miyamoto tampak cantik dengan fitur wajah yang proporsional. Mata besar, hidung yang mancung, dan senyum memesona. Tak heran, Miyamoto ditunjuk sebagai Miss Japan karena memiliki tata krama kepribadian yang apik serta kecerdasan di atas rata-rata dibanding kontestan wanita lainnya.

Sayangnya, Miyamoto justru tak diakui oleh bangsanya sendiri. "Saya tinggal di Jepang sepanjang hidup, tetapi jika saya berkata bahwa saya adalah orang Jepang, publik akan mengatakan, 'Tidak, kamu tidak akan bisa menjadi orang Jepang'. Mereka tak mengakuinya," ujar Miyamoto.

Gadis berusia 21 tahun ini memang bukan keturunan Jepang asli. Ayah Miyamoto adalah seorang keturunan Afrika Amerika, sedangkan ibu Miyamoto memang keturunan Jepang asli.

Karena percampuran darah tersebut, sepanjang hidupnya, Miyamoto mendapat sebutan "hafu". Hafu adalah sebutan bagi orang-orang yang "setengah" Jepang di negaranya. "Memang terdengar aneh, tetapi bagi kami anak-anak berdarah campuran dengan sebutan hafu menjadi sebuah identitas bagi yang terlahir seperti saya," kata Miyamoto.

Saat Miyamoto mendapat gelar ratu kecantikan atau Miss Japan, faktanya, sebutan hafu terus menempel padanya. Mirisnya, Miyamoto bahkan sempat mendapat perlakuan tidak menyenangkan di media sosial. Media di Jepang kebanyakan juga tak menganggap Miyamoto. Salah seorang pengguna Twitter menulis, "Sangat tak nyaman menyebutkan kalau ia (Miyamoto) mewakili Jepang." Ada juga yang menulis kata-kata menyudutkan, seperti "Apakah tak masalah jika memilih hafu sebagai Miss Japan?" 

Tidak seperti kebanyakan kontestan ratu kecantikan dari negara lain yang didukung oleh bangsanya sendiri di ajang Miss Universe, tampaknya Miyamoto akan berjuang ekstra di ajang Miss Universe yang akan berlangsung tahun depan. Semoga Miyamoto dapat menghapuskan sebutan yang cukup memojokkan dirinya (hafu) dan segala komentar yang merendahkan lewat prestasi dan pencapaiannya di ajang Miss Universe mendatang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com