Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2015, 21:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com - Apa yang diperlukan untuk menjadi seseorang yang benar-benar bahagia? Lupakanlah uang, kesehatan, atau kesuksesan. Menurut para ahli Anda hanya membutuhkan empat langkah dalam program sepuluh pekan terbaru yang dapat mengubah sebuah pola pikir.

Program terbaru ini diprakarsai oleh Mayo Clinic di Minnesota, Amerika Serikat. Program kebahagiaan ini dinyatakan dapat membantu siapapun untuk melatih pikirannya dalam rangka memilih kebahagiaan. Dr Amit Sood, ahli yang memimpin penelitian ini mengatakan bahwa 40 hingga 50 persen kebahagiaan seseorang berasal dari pilihan yang dibuatnya, termasuk fokus pikiran yang dilakukan setiap hari. "Anda dapat memilih untuk hidup fokus dengan apa yang benar dan indah dalam hidup Anda, " ujar Dr Sood. "Kebahagiaan adalah bentuk kebiasaan. Sebagian dari kita memang lahir dengan kebahagiaan, tetapi sebagiannya lagi harus memilih," tambahnya. 

Empat langkah menuju kebahagiaan versi Mayo Clinic, yang pertama adalah melatih fokus atau perhatian. Dr Sood merekomendasikan dengan cara memulai hari saat bangun dan bersyukur, kemudian mengurangi penilaian terhadap sesuatu, berada banyak di alam terbuka, serta menunjukkan banyak kebaikan.

Langkah kedua adalah berpegang teguh pada emosi. "Ketika sesuatu berjalan salah, cobalah untuk fokus dengan apa yang berjalan benar dan seharunya. Bukan apa yang berjalan salah," ujar Dr Sood.

Langkah selanjutnya, yakni langkah ketiga, adalah menghubungkan pikiran dan tubuh. Caranya dengan melakukan aktivitas seperti membaca, olahraga, berdoa, meditasi, yoga, atau menarik nafas dalam-dalam. Langkah terakhir, cobalah membuat sebuah kebiasaan sehat, baik untuk jiwa maupun raga. 

Dengan melakukan empat langkah tersebut dalam sepuluh pekan, Dr Sood yakin bahwa Anda telah mengubah pola pikir menjadi lebih bahagia. Berani mencoba?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com