Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Indonesia adalah Sumber Inspirasi Biyan Wanaatmadja

Kompas.com - 15/06/2015, 09:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Tiga puluh tahun lebih berkarya sebagai seorang desainer, Biyan Wanaatmadja tentu memiliki kreativitas dan sumber inspirasi yang tanpa batas. Ribuan koleksi telah dilahirkan oleh pria kelahiran Surabaya enam puluh tahun silam ini. Namun ketika ditanya apa yang menjadi sumber inpirasi kreasinya, Biyan ternyata memiliki jawaban yang sederhana.

Dalam acara pergelaran tunggalnya terbaru yang bertajuk "Dream" di Hotel Dharmawangsa, Jakarta (11/6/2015), Biyan berkata bahwa yang menjadi sumber inspirasi dirinya adalah wanita Indonesia. "Ketika saya memulai dan memilih bekerja di negeri saya sendiri, sebetulnya secara tidak langsung saya mulai mengambil wanita Indonesia sebagai inspirasi saya," ujar Biyan. Lantas, sosok wanita Indonesia seperti apa yang menginspirasi Biyan hingga dapat menciptakan sebuah masterpiece busana memukau?

KOMPAS.com/ RODERICK ADRIAN MOZES Pergelaran tunggal Biyan bertajuk Dream di Hotel Dharmawangsa, Jakarta (11/6/2015).

Sang desainer menjawab, "Tentunya wanita yang berpendidikan, cantik lahiriah dan batiniah atau luar dalam, berwawasan luas namun tetap memiliki nilai domestik." Bagi Biyan sosok wanita yang tetap menjunjung nilai luhur budaya dan tradisi adalah sosok yang menjadi sumber inspirasinya. "Terkadang orang suka malu dengan nilai tradisinya sendiri. Padahal itu sesuatu yang harus dilestarikan dan merupakan warisan berabad-abad yang harus dijalani," ujar Biyan. Pantaslah ketika melihat karya Biyan yang dipresentasikan pada malam pergelarannya, tercermin karakter anggun, romantis, penuh keindahan, namun tetap memiliki sisi elegan yang kuat lewat aksen dan detail yang feminin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com