Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Menghindari Cedera Saat Mengenakan Sepatu Tumit Tinggi

Kompas.com - 16/06/2015, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Memang, sepatu tumit tinggi layaknya seorang sahabat bagi wanita. Selain mempercantik penampilan, sepatu tumit tinggi juga mampu menambah kepercayaan diri kaum wanita. Akan tetapi, terlalu sering mengenakan sepatu tumit tinggi mampu menyebabkan berbagai gangguan pada kaki hingga menimbulkan cedera.

Sebuah studi terbaru mengemukakan bahwa sepatu tumit tinggi terbukti menimbulkan cedera pada kaki. Studi yang dipublikasikan pada International Journal of Clinical Practice menguak bahwa mengenakan sepatu tumit tinggi dapat membuat otot-otot pada area sekitar pergelangan kaki menjadi lemah.

Tidak hanya itu, mengenakan sepatu tumit tinggi dengan ketinggian setidaknya 3,9 inci atau 8 sentimeter dan lebih tinggi selama tiga kali seminggu juga dapat menimbulkan ketidakseimbangan pada otot-otot pergelangan kaki. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswi yang diminta mengenakan sepatu tumit tinggi saat kuliah.

Para ahli menemukan bahwa awalnya sepatu itu memperkuatkan otot pergelangan kaki. Namun, seiring berjalannya waktu, otot-otot di area tersebut melemah dan tidak seimbang, ini adalah prediktor krusial terjadinya cedera pergelangan kaki dalam jangka panjang. "Kami sarankan untuk melakukan latihan guna memperkuat pergelangan kaki," ujar dr Yong Seok Jee, anggota tim peneliti.

Oleh sebab itu, para ahli menyarankan tiga latihan sederhana yang dapat dilakukan guna menghindari risiko cedera pergelangan kaki.

Pertama, duduk dan lepas sepatu Anda. Kemudian, regangkan pergelangan kaki kanan dan angkat kaki sambil menahan tumit tetap di lantai. Setelah itu kembali letakkan kaki ke lantai, ulang dengan cepat. Lakukan hal yang sama pada kaki kiri.

Kedua, berdiri di sebelah meja untuk membantu keseimbangan Anda. Angkat satu kaki dan berdiri dengan berat badan tertumpu pada kaki yang lain. Angkat jari kaki kemudian kembalikan pada posisi semula. Ulangi pada kaki yang lain.

Ketiga, lenturkan kaki dan angkat jari kaki dari lantai. Selanjutnya, seimbangkan tubuh Anda pada tumit. Kemudian, berjalanlah ke depan selama satu kaki dengan menumpu pada tumit. Istirahatlah sejenak lalu lakukan lagi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com