Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keringat Sebabkan Rasa Gatal pada Rambut Wanita Berhijab

Kompas.com - 16/06/2015, 16:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Bagi wanita, rambut merupakan aset terpenting sehingga setiap wanita pasti menginginkan rambut yang sehat dan berkilau. Para wanita yang berhijab pun juga menginginkan hal yang sama meskipun tertutup hijab. Tujuannya agar mereka bisa beraktivitas penuh percaya diri.

Namun, seringkali para wanita berhijab mengalami berbagai macam masalah rambut. Bagian kepala yang tertutup setiap hari membuat kulit kepala lebih mudah berkeringat, sehingga rambut mudah lepek dan acapkali beraroma kurang segar. Nah, sebenarnya apa saja permasalahan rambut yang kerap dialami wanita berhijab?

Miranti Burhan, Senior Brand Manager dari Sunsilk PT Unilever Indonesia mengungkapkan, permasalahan rambut para wanita berhijab memang beragam, seperti lepek dan beraroma tidak segar. Selain itu, ada beberapa permasalahan rambut lainnya yang sering dikeluhkan, yaitu gatal pada kulit kepala lantaran keringat yang terjebak hingga berakibat pada munculnya ketombe.

"Kulit kepala gatal dan rambut lepek serta beraroma tidak segar membuat para pengguna hijab merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri saat menjalani rutinitas sehari-hari. Hal ini tentunya menjadi tantangan dan kendala para pengguna hijab," ujar Miranda pada jumpa pers Sunsilk Clean and Fresh di Rumah Maroko, Selasa (16/6/2015).

Pada kesempatan yang sama, Vivi Tri Andari selaku Research & Development Manager Unilever Indonesia menjelaskan, masalah utama yang memicu berbagai keluhan pada rambut saat mengenakan hijab adalah keringat.

Keringat yang berlebih disebabkan kurangnya sirkulasi udara pada kulit kepala dan rambut lantaran tertutup hijab. Akibatnya, gatal dan aroma tak segar pun tidak terelakkan.

Adapun gatal, kata Vivi, merupakan tanda awal timbulnya ketombe. Sebab, keringat yang menumpuk pada kulit kepala merupakan makanan bagi bakteri dan kuman penyebab ketombe. Gatal yang seringkali dikeluhkan akhirnya berujung pada ketombe.

"Gatal itu karena keringat terperangkap dan keringat adalah sumber makanan bakteri. Gatal adalah tanda awal ketombe walaupun flake atau butiran putihnya belum muncul. Ditambah lagi kalau higienitas kulit kepala tidak terjaga, maka akan muncullah ketombe," jelas Vivi.

Oleh sebab itu, kata Vivi, para wanita berhijab sebaiknya senantiasa memperhatikan dan menjaga kebersihan kulit kepalanya. Salah satu caranya adalah dengan merawat rambut menggunakan produk perawatan rambut yang diformulasikan khusus untuk rambut yang selalu tertutup hijab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com