Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdana, Tokoh Wanita Akan Diabadikan pada Uang Kertas 10 Dollar AS

Kompas.com - 18/06/2015, 14:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber money


KOMPAS.com -- Dari seluruh pecahan uang kertas mata uang dollar AS yang beredar saat ini, seluruhnya menampilkan gambar para tokoh historikal pria yang berjasa bagi Amerika Serikat. Namun, beberapa waktu lalu, dilaporkan bahwa pemerintah AS berencana akan menampilkan tokoh wanita pada uang kertas pecahan 10 dollar AS.

Pada Rabu (17/6/2015) waktu setempat, Menteri Keuangan AS, Jack Lew, menyatakan bahwa seorang wanita akan ditampilkan dalam desain terbaru uang kertas pecahan 10 dollar AS. Rencana ini akan direalisasikan pada tahun 2020 yang merupakan peringatan 100 tahun Amandemen Konstitusi Ke-19 yang memberikan hak suara bagi kaum wanita.

Lew menegaskan bahwa keputusan untuk menampilkan tokoh wanita ini tidak akan dibuat dalam beberapa bulan ke depan. Tokoh wanita AS terakhir yang diabadikan pada alat pembayaran AS terakhir adalah Martha Washington pada uang kertas 1 silver dollar AS pada tahun 1891 sampai 1896.

"Kita hanya membuat beberapa perubahan pada tampilan alat pembayaran kita beberapa kali sejak uang kertas pertama kali diedarkan. Saya merasa bangga bahwa uang kertas pecahan 10 dollar AS yang baru akan menjadi uang kertas pertama dalam satu abad yang menampilkan potret seorang wanita," ujar Lew.

Lew menyatakan, pemerintah AS meminta bantuan kepada warga negaranya untuk menentukan siapa tokoh wanita yang berhak untuk diabadikan pada desain baru uang kertas 10 dollar AS tersebut. Departemen Keuangan AS akan meluncurkan sebuah situs yang meminta masukan dari masyarakan dan mengampanyekan tagar #TheNew10 di media sosial.

Lew mengungkapkan, dirinya menginginkan alat pembayaran generasi terbaru AS ini akan menampilkan tema demokrasi Amerika. Potret tokoh yang akan ditampilkan berdasarkan undang-undang adalah tokoh yang sudah meninggal dunia. Lew pun menambahkan bahwa perubahan dan pembaruan alat pembayaran dilakukan demi alasan keamanan.

Di Indonesia sendiri, tokoh wanita sudah pernah ditampilkan dalam uang kertas rupiah. Tokoh emansipasi wanita, RA Kartini, pernah diabadikan pada uang kertas pecahan Rp 5 dan Rp 10.000. Selain itu, pahlawan wanita asal Aceh, Cut Nyak Dien pun pernah ditampilkan dalam uang kertas pecahan Rp 10.000 guna menggantikan desain uang Rp 10.000 bergambar RA Kartini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com