Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Anjing Peliharaan Mampu Deteksi Kekasih Tak Menyenangkan

Kompas.com - 18/06/2015, 20:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com - Kalau Anda punya kekasih baru, ada baiknya diperkenalkan terlebih dulu kepada anjing peliharaan Anda di rumah. Sebab, sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa anjing peliharaan dapat membantu mendeteksi apakah kekasih baru Anda adalah orang yang menyenangkan atau tidak.

Studi terbaru yang dihelat para peneliti di Jepang tersebut mengungkap bahwa anjing peliharaan mampu mendeteksi apakah seseorang akan berlaku kurang baik terhadap tuannya. Untuk meneliti, para ahli mengetes 18 ekor anjing untuk dipantau perilakunya saat bertemu orang asing. Anjing-anjing peliharaan tersebut diuji dalam tiga skenario. Ketiga skenario tersebut memungkinkan para anjing ini menyaksikan saat tuannya meminta satu orang asing untuk membuka sebuah kotak.

Pada skenario pertama, orang asing itu menolak membantu sang tuan. Skenario kedua memperlihatkan orang asing datang membantu sang tuan. Sementara itu, para peneliti dari Kyoto University tersebut mengatur skenario ketiga menampilkan posisi orang asing netral, tidak membantu maupun menolak membantu.

Setelah itu, sang orang asing menghampiri para anjing dengan memberi hadiah makanan, para peneliti menemukan bahwa anjing-anjing itu akan menolak menerima hadiah makanan dari orang asing yang menolak membantu sang tuan. Meski demikian, anjing-anjing tersebut tak menolak makanan yang diberikan orang yang membantu atau bersikap netral kepada sang tuan.

Tidak hanya itu, anjing juga tidak akan ragu untuk bersikap dingin kepada kekasih baru Anda. Alasannya adalah ia ingin memastikan bahwa kekasih baru Anda dapat memperlakukan Anda dengan baik.

"Untuk pertama kalinya kami menemukan bahwa anjing menciptakan evaluasi sosial dan emosional manusia, hingga sempat mengesampingkan ketertarikannya sekalipun," ujar Kazuo Fujita, ketua peneliti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com