Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Hadir Wewangian Beraroma Kerabat yang Sudah Meninggal Dunia

Kompas.com - 21/06/2015, 17:42 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Glamour

KOMPAS.com --Kenangan mengenai keluarga dan kerabat yang sudah meninggal dunia terkadang sulit dilupakan dan akan menjadi memori yang selalu tersimpan. Selain foto, banyak orang menyimpan baju atau segala yang sempat dikenakan oleh almarhum untuk menapaki kembali masa lalu saat mereka masih ada di sekitar mereka.

Sebuah perusahaan bernama Kalain’s Olfactory Links menciptakan inovasi dengan meracik wewangian beraroma tubuh untuk kerabat yang telah wafat. Tujuannya untuk menghidupkan kembali memori indah bersama orang-orang yang Anda cinta dan telah berpulang.

Menurut Katia Apalategui, pendiri Kalain's Olfactory Links, dia memperoleh ide ini agar keluarga yang berduka akan tetap dapat menyimpan memori orang terkasih untuk selalu hidup dalam kenangan.

"Apalategui menemui para ilmuwan di Le Havre University tentang ide-idenya. Variasi teknologi tinggi untuk menghadirkan kenangan akan Ayah dalam bentuk cairan (wewangian) akhirnya dikembangkan," tulis surat kabar The Guardian tentang wewangian yang unik ciptaan Apalategui ini.

Untuk menghadirkan aroma tubuh orang yang sudah meninggal dunia dalam bentuk wewangian, digunakan busana orang yang telah wafat tersebut dan kemudian melalui prosss distilasi selama 4 hari. Dalam proses tersebut, setidaknya 100 molekul aroma tubuh individu yang telah meninggal dunia tersebut direkonstruksi menjadi bentuk wewangian.

Sebuah botol wewangian aroma orang yang sudah meninggal dunia ini dibanderol dengan harga sekitar 785 dollar AS yang setara dengan Rp 10 juta. Sebotol wewangian ini dapat menjadi kenangan dan pengingat masa-masa indah Anda dengan orang yang sudah meninggal dunia tersebut karena sangat dekat dengan memori Anda akan orang yang bersangkutan.

Namun, bisa jadi untuk sebagian orang,  menyimpan aroma tubuh orang yang sudah meninggal dunia dalam bentuk wewangian dianggap sebagai hal yang menakutkan. Oleh sebab itu, Anda juga bisa menyimpan sebuah busana mendiang orang yang sudah meninggal dan sesekali mengenangnya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com