Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Jangan Lupa Gunakan Alas Bedak di Cuaca Panas

Kompas.com - 22/06/2015, 14:26 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com -- Dalam menjalankan rutinitas kecantikan, ada beberapa produk tata rias yang tidak boleh terlewatkan, salah satunya adalah foundation atau alas bedak. Produk ini hadir dalam dua bentuk, yakni berbentuk bubuk dan cair. Namun, ada anggapan bahwa sebaiknya kulit wajah tidak disarankan untuk ditutupi riasan.

Ternyata, banyak ahli berpendapat bahwa mengaplikasikan alas bedak pada wajah lebih baik ketimbang tidak menggunakan riasan sama sekali. Benarkah demikian dan apa sebenarnya alasannya?

"Saya percaya menggunakan alas bedak lebih baik ketimbang tidak mengenakan riasan sama sekali karena berkaitan dengan SPF. Alas bedak diformulasikan untuk tetap berasa pada bagian terluar kulit sehingga sebenarnya tidak membahayakan atau merusak kulit," ujar Brianne Grebil, pakar perawatan kulit.

Grebil pun tidak menyangkal adanya pro dan kontra pada penggunaan alas bedak berbentuk bubuk maupun cair. Namun, menurut Grebil, SPF yang terkandung dalam alas bedak cair sebenarnya lebih kuat dan lebih merata sebarannya.

Untuk mencapai tingkat SPF yang tinggi pada alas bedak berbentuk bubuk, maka Anda harus benar-benar mengaplikasikannya secara rata dan tebal pada wajah Anda. Tentu ini akan menjadi masalah dan membuat para wanita merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, Grebil menganjurkan untuk mengaplikasikan tabir surya tambahan sebelum merias wajah.

Meskipun alas bedak cair memiliki SPF yang tinggi, tapi jenis alas bedak ini mengandung beberapa zat kimia yang cukup berbahaya, seperti avobenzone, homosalate, octinoxate dan helioplex. Pastikan Anda membaca label kemasan dan produk yang Anda pilih mengandung zinc oxide yang merupakan bahan tabir surya.

Beberapa pihak pun menyatakan bahwa alas bedak dapat menyumbat pori-pori.Namu sebenarnya tidak demikian karena jika kulit Anda cenderung kering, maka sebaiknya jangan menggunakan alas bedak berbentuk bubuk yang ringan dan mengandung bahan-bahan yang ramah pada kulit sensitif.

"Selama Anda menggunakan produk tata rias yang sesuai dengan jenis kulit Anda, maka Anda tak perlu khawatir dengan masalah pori-pori yang tersumbat," ungkap Renee Rouleu, ahli estetika selebriti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com