Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Cegah Rambut Rusak Saat Berlibur ke Pantai

Kompas.com - 25/06/2015, 13:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Glamour
KOMPAS.com - Sebagian orang memilih pantai sebagai tujuan liburan favorit. Namun, berlibur di daerah pantai secara tidak langsung juga berarti melakukan interaksi kulit dengan sinar matahari dan air laut. Tidak hanya dapat membuat kulit terpapar sinar matahari yang mengakibatkan efek terbakar, namun rambut pun dapat kering dan kusam karena paparan sinar matahari serta interaksi air laut.

Penata rambut profesional Marcus Francis memberikan beberapa kiat agar rambut tetap terjaga kesehatannya pada saat Anda berlibur di pantai. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir rambut Anda menjadi rusak. Berikut penjelasannya.

Pertama, semprotkan cairan yang merupakan campuran antara air dengan satu sendok makan minyak kelapa dan kondisioner sebelum Anda berkegiatan di bawah sinar matahari. Dengan begitu, pori-pori rambut Anda akan terlindungi oleh cairan tersebut dan setiap helaian rambut pun akan tetap terjaga kesehatannya dan halus.

"Pastikan juga untuk menggunakan produk perawatan rambut yang memiliki kandungan perlindungan terhadap paparan sinar ultraviolet. Ini harus Anda lakukan apabila rambut diwarnai. Tentu saja Anda tidak mau warna rambut Anda menjadi pudar dan hilang hanya karena paparan sinar matahari," ungkap Francis.

Selain itu, Francis juga menyarankan untuk mengaplikasikan masker kondisioner pada rambut saat mandi setelah beraktivitas di pantai dan di bawah paparan sinar matahari. Pastikan juga untuk mengaplikasikan produk mengandung tabir surya pada kulit kepala Anda. Sebab, kulit kepala pun dapat terbakar akibat paparan sinar matahari.

Anda juga bisa melakukan perawatan rambut khusus untuk mengangkat sel-sel kulit mati setelah beraktivitas di pantai pada siang hari. Perawatan semacam ini juga dapat membantu Anda menghilangkan kotoran dan sebum yang dapat menumpuk saat beraktivitas di pantai. Akibatnya, folikel rambut pun akan tersumbat.

Demikian beberapa kiat yang dapat Anda lakukan agar berlibur di pantai tidak membuat rambut Anda menjadi rusak. Perawatan ini dapat dengan mudah Anda lakukan sendiri saat senggang. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com