Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Busana Karakter Minnie Mouse Terinspirasi Chanel dan Dior

Kompas.com - 27/06/2015, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Glamour
KOMPAS.com - Anda pasti mengenal karakter Minnie Mouse yang cukup legendaris. Kekasih Mickey Mouse ini selalu ditampilkan sebagai sosok yang feminin, yakni mengenakan pita, gaun bermotif polkadot merah, dan tidak ketinggalan pula sepatu tumit tinggi. Nah, siapa sangka, ternyata busana yang dikenakan karakter Minnie Mouse ini terinspirasi dari kreasi perancang busana kenamaan dunia.

Mengutip situs Glamour, ketika karakter Minnie Mouse ditampilkan dengan rok bermotif polkadot, ternyata inspirasinya datang dari rancangan Coco Chanel pada era tahun 1920-an. Kemudian, 20 tahun kemudian, busana yang dikenakan oleh Minnie Mouse mengambil inspirasi aliran New Look yang diciptakan oleh Christian Dior.

Sifat yang ditampilkan dari karakter Minnie Mouse adalah sosok yang feminin dan fashionable. Gaya busana Minnie Mouse pun berevolusi seiring dengan tren busana yang sedang digemari pada masing-masing dekade. Oleh sebab itu, dapat diperhatikan bahwa Minnie Mouse kerap tampil dengan gaya busana yang beragam.

GLAMOUR.COM Karakter Minnie Mouse yang universal sudah banyak melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai perancang busana serta label mode.

"Ia selalu berubah pada tiap dekade. Seperti pada tahun 1930-an, topi dengan aksen bunga yang dikenakannya adalah sebuah ikon yang sesuai dengan kecenderungan wanita dalam memilih topi dengan ukuran tertentu yang lebih kecil. Karakter ini benar-benar berpadu dengan industri mode saat itu," ujar Soo Koo, Wakil Presiden Divisi Produk Konsumen Disney.

Menurut Koo, karakter Minnie Mouse adalah salah satu karakter Disney yang paling dikenal secara universal. Karakter ini pun sudah melakukan kolaborasi dan kerjasama dengan berbagai perancang busana serta label mode. Dalam kurun 10 tahun terakhir, banyak kolaborasi di bidang mode yang sudah dilakukan dengan menampilkan karakter Minnie Mouse, mulai dari Comme des Garçons, Lanvin, hingga perancang mebel kenamaan Italia.

Kolaborasi terbaru adalah antara Disney dan Vans, label sepatu kasual yang menampilkan koleksi bertema Minnie Mouse dan teman-temannya. Kerjasama kedua belah pihak ini ternyata sudah diinisiasi oleh Van Doren, pendiri Vans sejak akhir tahun 1960-an dan awal dekade 1970-an.

"Mickey, Minnie, Donal Bebek, dan Winnie the Pooh pernah ditampilkan dalam sepatu-sepatu koleksi Vans pada tahun 1980-an. Sehingga, ketika saat ini kami bekerjasama dengan Disney, rasanya seperti memadukan dua hal yang klasik," jelas Rian Pozzebon, Kepala Desainer Sepatu Vans.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Glamour
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com