Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Betapa Lucunya Hasil Foto Bayi lewat Teknologi X-Ray Ini

Kompas.com - 28/06/2015, 16:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Bayi tabung adalah proses pembuahan sel telur dan sperma di luar tubuh ibu. Dalam proses ini, sel telur matang diambil dari indung telur untuk dibuahi sperma dalam medium cairan. Jika proses pembuahan itu sukses, maka sang embrio kecil terjadi di masukkan ke rahim dengan harapan berkembang menjadi seorang bayi sehat dan normal.

Namun kali ini, sungguh ada bayi yang berkembang di dalam tabung secara harfiah. Beberapa waktu lalu media sosial dikejutkan dengan penampilan bayi yang tergencet di dalam tabung yang mengundang tanya dan tawa.

Awal kemunculan foto ini bermula dari situs Reddit yang menuliskan, "Bayi yang akan di X-Ray terlihat sangat menggemaskan,".

Foto tersebut memang tampak sangat menggemaskan. Sang bayi berada di dalam tabung dengan kedua tangan yang terangkat serta wajah yang nampak tenang dengan pipi merah dan matanya membelalak melihat dari balik tabung.

Sejak foto tersebut diunggah, terdapat 2.000 pengguna Reddit lainnya yang berkomentar. Meski terlihat mengkhawatirkan dan si bayi nampak seperti dalam ruangan laboratorium, sebenarnya bayi tersebut sedang menjalani salah satu proses perawatan medis, yakni foto X-Ray. Tabung tersebut ternyata adalah alat khusus X-Ray untuk bayi yang dinamakan, "Pigg-O-Stat"

Berdasarkan keterangan di situs alat X-Ray khusus bayi tersebut, dijelaskan bahwa sejak tahun 1960, Pigg-O-Stat telah hadir dan terus menjadi pilihan utama bagi profesional medis seluruh dunia.

Pigg-O-Stat adalah alat serba lengkap bagi pediatri yang dirancang khusus untuk memposisikan bayi dan balita untuk posisi X-Ray yang sedemikian rupa tanpa komplikasi yang signifikan.

Namun demikian, ada-ada saja komentar para pengguna media sosial. Ada yang mengatakan si bayi telah siap dikirim seperti tabung pengantar di perkantoran. Ada pula yang mengatakan akan menyimpan foto ini jika lain kali anaknya bertanya darimana asalnya bayi.

"Aku akan menyimpan foto ini untuk anakku yang berusia delapan tahun yang bertanya dari mana datangnya bayi di perut ibu. 'Lihat sayang, dokter telah menyiapkan bayi di dalam tabung dan mesin ini mengkompres bayi menggunakan tekanan tinggi kemudian memasukannya ke dalam perut ibu'," ujar salah seorang ibu yang menggunakan Pigg-O-Stat.

Faktanya memang sulit menjelaskan darimana datangnya bayi pada anak usia awal dan akhirnya kreativitas orang tua sangat ditantang. Namun, semoga saja alat ini bisa menjadi alat informasi untuk menjelaskan pada si kecil di usia dini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com