Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/06/2015, 17:25 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

KOMPAS.com –- Salah satu anugerah terbesar dari Tuhan adalah seorang pria dalam hidup Anda. Anda memanggilnya, ayah.

Setiap ayah adalah superhero anak-anak perempuan mereka. Ayah memang bukan yang mengajarkan anak perempuan bagaimana mengepang rambut dengan cantik, tetapi ayahlah yang mengingatkan ibu agar semua kebutuhan putri kecilnya selalu terpenuhi.

Selain itu, mungkin saja belajar sepeda dengan ayah membuat kakimu terluka tetapi begitulah cara ayah mengajarkan putrinya untuk selalu kuat karena dia percaya Anda bisa melakukan semuanya.

Kehadiran dan kasih sayang ayah yang konsisten dalam kehidupan anak perempuannya ternyata memiliki dampak yang sangat besar dan lebih dari masa kecil yang menyenangkan.

Sebuah penelitian di Swedia menyimpulkan bahwa ayah yang baik dan berkontribusi secara signifikan pada keluarga, menghasilkan anak perempuan yang berani mengambil keputusan dan memiliki sifat penyayang pada orang-orang sekitar mereka.

Selain itu, ayah yang memiliki hubungan baik pada ibu, baik masih menikah atau bercerai, juga berefek positif pada edukasi anak-anak mereka.

Hal tersebut disebabkan oleh karena perhatian dan rasa peduli yang besar dari ayah, menciptakan perasaan istimewa dan inspiratif pada anak perempuan.

Tak hanya pada anak perempuan, kehadiran dan perhatian ayah pada keluarga juga membentuk anak lelaki untuk memiliki pandangan modern mengenai kesetaraan jender dan lebih menghargai pasangan mereka di waktu mendatang.

Anak perempuan yang dekat dengan ayahnya cenderung tumbuh dengan karakter kuat, berprinsip, dan umumnya memiliki pola karier yang menanjak ke puncak.

Terakhir, menurut Ronald P. Rohner, PhD., Connecticut Univeristy, Amerika Serikat, mengatkan bahwa curahan sayang dari ayah pada anak perempuan membentuk karakter mampu menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com