Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2015, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Dunia modeling kini tak hanya dihiasi oleh para supermodel wanita atau pria saja, namun juga supermodel transjender. Padahal, perekrutan seorang model transjender pada jaman dulu dianggap tabu karena tidak sesuai dengan peran sosial dan dianggap memberikan contoh buruk bagi konsumen potensial. 

Berikut beberapa supermodel transjender yang kini makin dikenal dan sering tampil baik dalam peragaan busana maupun kampanye produk. Tidak hanya itu, mereka pun memiliki paras yang amat cantik. Siapa sajakah mereka? 

1. Isis King
Isis dikenal luas karena menjadi kontestan transjender pertama yang mengikuti ajang America's Next Top Model musim ketujuh dan kesebelas. Ia pun tak ragu mengungkapkan kisah hidupnya sebagai wanita transjender dalam program televisi The Tyra Banks Show dan Larry King Live. Pada tahun 2012, Isis menjadi model transjender pertama yang tampil dalam kampanye iklan American Apparel. 

2. Lea T 
Lea dikenal karena merupakan model transjender berpenampilan memukau. Ia lahir di Brasil namun dibesarkan di Italia. Bakatnya pertama kali ditemukan oleh perancang busana rumah mode Givenchy, Ricardo Tisci. Pada tahun 2010, ia menjadi model untuk Givenchy. Tahun 2011, Lea menjajal lantai peraga untuk pertama kalinya bersama rumah mode Alexandre Herchcovitch. Pada tahun 2014, Lea menjadi duta produk Redken, sebuah produk perawatan rambut asal Amerika Serikat. Lea pun menjadi model transjender pertama yang tampil sebagai duta produk kosmetik global. 

3. Ines Rau
Ines merupakan supermodel kenamaan dunia, namun ia tidak pernah malu mengungkapkan identitasnya sebagai seorang transjender. "Impian ternesar saya ketika masih kecil adalah menjadi putri yang pertama dari semua putri dan kemudian menjadi bintang rock. Menurut saya, menjadi model adalah kombinasi sempurna dari keduanya," kata Ines dalam wawancara dengan majalah Oyster. 

4. Andreja Pejic 
Andreja adalah salah satu model transjender paling dikenal di dunia. Ia pertama kali ditemukan pada usia 18 tahun saat bekerja di McDonalds. Awalnya, Andreja tampil sebagai model busana pria dan wanita. Pada tahun 2011, ia tampil dalam peragaan busana pria dan wanita koleksi Jean-Paul Gaultier dan koleksi busana pria Marc Jacobs. Di tahun yang sama, ia dinobatkan sebagai satu dari 50 Model Pria Teratas dan 100 Wanita Terseksi di Dunia. Tahun 2014, Andreja menjalani operasi penggantian kelamin dan tahun ini ia menjadi model transjender pertama yang diulas pada majalah Vogue. 

5. Jenna Talackova 
Jenna pertama kali dikenal saat berkompetisi pada ajang Miss Universe namun sempat menerima diskualifikasi karena ia adalah seorang wanita transjender. Sebelumnya, Jenna pernah berkompetisi pada ajang Miss International Queen tahun 2012, yang merupakan kontes kecantikan untuk wanita transjender dan transeksual. Pada ajang Miss Universe, ia berhasil mencapai 12 besar dan memperoleh predikat Miss Congeniality karena jerih payahnya. Pada Januari 2014, sebuah program televisi tentang kehidupan Jenna ditayangkan di E! Canada dengan judul Brave New Girls

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com