Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2015, 19:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY


KOMPAS.com -
Selulit atau stretch mark memang menjadi hal yang ingin dihindari bagi tiap wanita. Tampilan garis pada kulit yang umumnya terdapat di bagian bokong dan paha ini membuat wanita seringkali menjadi tak percaya diri dan merasa khawatir. Banyak cara dilakukan wanita untuk menghilangkan selulit yang muncul, mulai dari menggunakan cara alami lewat aplikasi ramuan tradisional sampai melakukan perawatan kulit modern dengan kocek yang terbilang mahal. Namun sebelum mencari cara menghilangkan, tak ada salahnya juga bagi Anda untuk mengetahui mitos-mitos apa saja mengenai selulit yang beredar, seperti yang dilansir dari situs boldsky berikut ini.

1. Obesitas menyebabkan seluit
Mitos yang berkembang adalah hanya wanita dengan berat badan berlebih atau obesitas cenderung mengalami selulit. Mitos tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar. Pasalnya wanita berbadan kurus juga dapat mengalami selulit. Faktanya selulit pada orang yang obesitas memang lebih mudah terlihat karena ada lebih banyak lemak di bawah lapisan kulitnya.

2. Turun berat badan hilangkan selulit
Masalah selulit tak akan dapat hilang begitu saja saat bobot tubuh turun. Selulit sebenarnya tergantung pada orang itu sendiri. Pada kasus beberapa wanita, selulit memang tak mudah terlihat atau tidak terlalu jelas.

3. Krim apapun dapat mengatasi selulit
Krim pelembap memang membuat kulit terlihat lebih lembut, halus, dan elastis untuk jangka panjang. Namun demikian, krim khusus selulit yang beredar di pasaran sebenarnya tak dapat menghilangkan selulit secara permanen dan cepat.

4. Racun dapat menyebabkan selulit
Hal tersebut biasanya diucapkan oleh penjual krim penghilang selulit. Padahal para ahli mengatakan banyak alasan mengapa selulit dapat terbentuk, termasuk karena pola makan atau diet yang salah, metabolisme yang lambat pada tubuh, kurangnya aktivitas fisik, perubahan hormon, dehidrasi, ketebalan kulit dan warna kulit seseorang.

5. Selulit merupakan turunan
Perlu Anda ketahui, selulit bukan termasuk penyakit turunan. Faktor kebiasaan mengonsumsi asupan kurang sehat dan gaya hidup dari orangtua pada anaklah yang bisa diturunkan. Berhati-hatilah karena kebiasaasn mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat malah akan memicu timbulnya selulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com