Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2015, 12:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber BOLDSKY


KOMPAS.com - Rambut rontok sebenarnya tak menjadi masalah besar jika masih dalam jumlah yang normal. Tetapi jika rambut rontok lebih dari seratus helai perhari, itu menandakan bahwa ada masalah pada kulit kepala ataupun batang rambut. Cobalah perhatikan ketika Anda bangun tidur. Jika pada bantal yang Anda gunakan banyak helaian rambut rontok, tandanya Anda mengalami masalah dan secepatnya memberikan perawatan intensif. Delapan hal yang sepertinya tidak terpikirkan tanpa Anda sadari ternyata dapat menjadi faktor penyebab rambut rontok. Menurut lansiran situs boldsky, delapan hal yang kerap Anda jumpai dalam aktivitas sehari-hari adalah:

1. Produk rambut
Tak cocok dengan produk perawatan rambut atau sering berganti perawatan rambut seperti sampo, pelembap atau cairan penumbuh rambut, dapat membuat rambut Anda jadi rentan rapuh hingga menyebabkan rontok.

2. Stres
Tekanan mental atau stres juga dapat menyebabkan masalah kerontokan. Ada baiknya mengatasi stres Anda terlebih dahulu, baru setelah itu menemukan solusi rambut yang rontok.

3. Air panas
Jika Anda memiliki kebiasaan mandi dan mencuci rambut dengan air panas, cobalah tinggalkan perlahan. Pasalnya air panas berpotensi menyebabkan kulit kepala kering dan menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan rambut. Jika tidak bersifat penting seperti saat Anda sakit atau terlalu larut malam untuk membersihkan badan, gunakanlah air dingin.

4. Penataan rambut
Sama seperti mencuci rambut dengan menggunakan air panas, penataan rambut dengan menggunakan hair dryer atau pelurus rambut, juga tak baik bagi kesehatan kulit kepala dan rambut. Apalagi jika dilakukan terlalu sering.

5. Kebiasaan menyisir
Jangan terburu-buru menyisir rambut saat keadaan rambut basah atau setengah kering. Tunggulah sampai rambut benar-benar kering dari air dan gunakan sisir begigi jarang jika rambut Anda terbilang cukup lebat.

6. Kebiasaan mengikat rambut
Untuk yang memiliki rambut panjang, mengikat rambut terlalu kencang apalagi dilakukan seharianakan menjadi satu kebiasaan buruk. Selain rambut jadi mudah rontok, bentuk rambut pun akan jadi berubah seperti bergelombang. Biarkan tiap helai rambut bernafas dengan tidak mengikatnya terlalu sering.

7. Efek Obat
Obat-obatan tertentu yang Anda konsumsi juga dapat berpotensi membuat rambut menjadi rontok. Jika Anda dalam masa pengobatan, tak ada salahnya bertanya mengenai efeknya kepada ahli medis Anda. Apakah ada yang berhubungan dengan kerontokan rambut. 

8. Nutrisi makanan
Kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji juga dapat menyebabkan rambut Anda cenderung lepas dari akar karena kurangnya nutrisi. Asupan gizi dan nutrisi yang memenuhi standar akan bisa tetap menjaga kekuatan rambut Anda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BOLDSKY
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com