Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2015, 15:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber bustle.com

KOMPAS.com - Tren busana muslim dan tren hijab semakin berkembang di masa kini. Para wanita muslimah pun kini tidak ragu untuk bereksperimen dengan gaya busananya, namun tetap berprinsip pada kaidah-kaidah Islam.

Kini telah hadir tren hijab terbaru, yakni Hijab Lolita. Lolita adalah subkultur yang berfokus pada busana bergaya era Victoria yang dimulai di Jepang. Gaya busana Lolita biasanya menampilkan rok atau gaun dengan bentuk kubah seperti cupcake. Selain itu, busana gaya Victoria juga biasanya dihiasi dengan detail renda dan bahan lace bercorak.

Adalah Alyssa Salazar, salah seorang hijabi yang memperkenalkan gaya busana Hijab Lolita. Pada akun Tumblr pribadinya, Salazar mengunggah foto-foto gaya busananya yang mengadopsi gaya Lolita, namun dengan mengenakan hijab. Ia kini memiliki setidaknya memiliki 10.000 followers.

Salazar adalah seorang mualaf. Namun, keputusannya untuk berbusana dengan gaya Lolita Hijab ini tidak sepenuhnya memperoleh sambutan baik. Di satu sisi, ia merasa diterima oleh komunitas Lolita. Akan tetapi, tidak jarang ia memperoleh kecaman dari komunitas Muslim karena busana yang dikenakannya.

Perkenalan pertama Salaza dengan gaya Lolita dimulai ketika salah satu teman menjual rok bergaya Lolita. Awalnya merasa skeptis, namun kemudian Salazar menjadi tertarik dengan rok unik tersebut. Ia pun melihat seorang hijabi Lolita lain bernama SugarNoor. Akhirnya, Salazar mantap memilih gaya Hijab Lolita.

"Di komunitas Mulsim, saya merasa lebih nyaman berdiri di pojokan sambil sibuk dengan ponsel saya. Namun saya merasa lebih diterima di komunitas Lolita. Mereka benar-benar ingin mengenal saya. Mereka mengundang saya dan berinteraksi dengan saya. Saya bertemu banyak sahabat melalui Lolita," ujar Salazar dalam wawancara dengan majalah Vice.

Nah, bagaimana menurut Anda tentang gaya busana Hijab Lolita ini? Tentu gaya ini bisa saja menjadi inspirasi busana bagi para wanita muslimah yang gemar tampil beda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber bustle.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com