Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Banyak, Gerai Mode Pria atau Wanita?

Kompas.com - 01/07/2015, 18:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com - Di masa modern seperti saat ini, mode menjadi hal yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Anda kini dapat dengan mudah berbelanja busana sesuai dengan tren yang sedang digemari. Selain itu, kehadiran media sosial pun membuat tren mode semakin mudah untuk diikuti dan tersebar luas.

Di Indonesia, kini telah hadir beragam label mode kelas dunia dengan berbagai kategori. Tidak hanya menyajikan busana untuk kesempatan kasual, namun deretan label tersebut juga menghadirkan busana untuk kesempatan formal. Selain itu, gerai-gerai sepatu dan aksesori penunjang penampilan pun hadir dengan beragam pilihan produk.

Hal menarik yang patut disimak adalah tentang jumlah gerai mode kelas dunia yang telah hadir di Indonesia. Pertanyaannya, mana yang lebih banyak jumlahnya, gerai mode untuk pria atau wanita? Guna menjawab pertanyaan tersebut, Kompas Female berbincang dengan Irawati, Director of Fashion Marketing PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP).

Menurut Ira, jumlah label mode yang telah dihadirkan oleh MAP selaku perusahaan ritel fashion di Indonesia telah mencapai hingga 50 brand, baik untuk pria maupun wanita. Akan tetapi, persentasenya tetap lebih banyak wanita. Meski demikian, kata Ira, persentase tersebut tidak terlalu jauh perbedaannya.

"Tetap yang paling banyak adalah label untuk wanita. Akan tetapi, label untuk pria juga banyak tersedia. Meskipun pria itu tidak secara konstan mengikuti perkembangan mode, tapi sekarang banyak pria metroseksual yang cukup mementingkan gaya. Jadi perbedaannya antara label untuk wanita dan pria sedikit sekali, hampir seimbang," ungkap Ira di sela-sela acara Media Gathering HSBC Celebration of Life di Hotel Shangri-La, Senin (29/6/2015).

Menurut Ira, mode merupakan personifikasi seseorang. Gaya dan cara berbusana seseorang sangat berkaitan erat dengan kepribadian dan karakter orang tersebut. Oleh sebab itu, beragam produk mode yang kini hadir di Tanah Air pun pasti akan dapat memenuhi kebutuhan para kaum modern.

"Pada dasarnya kita menawarkan dari A ke Z. Mulai dari koleksi untuk anak-anak sampai ke wanita karier, ibu rumah tangga, atau bahkan yang benar-benar seorang penggila mode. Dengan jenis dan karakter konsumen Indonesia yang beragam, kita akan memberi segala sesuatu dimana menjadi kebutuhan dan dicari oleh konsumen," tutur Ira.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com