Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Inggris Ada Wanita Berjenggot Lebat Bernama Haarnam Kaur

Kompas.com - 02/07/2015, 14:32 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
  Melihat foto di atas, Anda pasti setuju bahwa Haarnam Kaur (23) tampak berbeda dengan wanita pada umumnya. Kaur yang terlahir sebagai wanita memiliki jenggot lebat layaknya seorang pria.

Pertumbuhan jenggot di area wajah Kaur, ternyata merupakan efek dari sindrom yang dia derita bernama polycystic ovary syndrome. Sindrom ini menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh Kaur. Alhasil, rambut di seluruh tubuh Kaur, tak terkecuali di area pipi dan dagu, tumbuh cepat dan lebat.  

Lewat wawancara dengan Rock n Roll Bride, Kaur menjelaskan bahwa saat usianya11 tahun dulu, jenggotnya mulai bertumbuh. Dia mulai mencukur wajahnya dua hingga tiga kali dalam seminggu, sampai-sampai dia tak sanggup lagi menahan rasa pedih akibat cukuran di wajahnya.

Memiliki kondisi fisik yang anomali membuat Kaur sering dicela dan diejek oleh teman-teman sebayanya.  Kaur  pun mengalami depresi hingga akhirnya pernah memutuskan untuk bunuh diri, tetapi percobaan mengakhiri nyawa itu gagal.

 "Di suatu titik akhirnya aku memutuskan untuk menjadi diriku sendiri. Aku memutuskan untuk menumbuhkan jenggotku dan melawan ekspetasi masyarakat mengenai tampilan wanita yang sewajarnya," ujar Kaur.

Dia mengaku saat ini tak ada lagi terbesit keinginan untuk bunuh diri atau membahayakan diri sendiri. "Sekarang aku bahagia dapat hidup sebagai wanita berjenggot yang cantik. Aku sadar bahwa tubuh ini sepenuhnya milikku dan aku mensyukurinya. Aku tak memiliki tubuh lainnya untuk hidup, jadi aku harus mencintai tubuh ini tanpa batas," ujar Kaur.

Terakhir, Kaur memberikan pesan kepada semua wanita. "Kita semua tidaklah sempurna. Aku ingin menunjukkan pada masyarakat bahwa kecantikan tidak harus terihat dalam tampilan tertentu. Kita semua begitu berbeda, kita harus merayakan keunikkan diri kita,".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com