Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambut Berponi di Usia 40 Tahun, Kenapa Tidak?

Kompas.com - 03/07/2015, 16:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Saat usia sudah mencapai 40 tahun, sebagian wanita memilih untuk memiliki model rambut yang sederhana. Model rambut dengan poni seringkali tidak lagi menjadi pilihan karena dianggap kurang sesuai dengan usia yang sudah tidak lagi muda. Namun, siapa bilang poni tidak sesuai untuk usia 40 tahun ke atas?

Rambut berponi akan memberikan kesan mewah dan mengagumkan bagi wanita yang sudah menginjak usia 40 tahunan. Selain itu, poni juga akan menegaskan tulang pipi dan mata Anda. Namun, sebelum terburu-buru membuat poni rambut,  Anda sebaiknya jeli memilih model rambut poni agar tetap sesuai dengan usia Anda.

Salah satu model poni yang dapat Anda miliki adalah model poni terbelah. Model poni seperti ini dapat dilihat pada penampilan aktris Jennifer Garner.

Menurut Whitney Bowe MD, seorang dermatolog dan asisten profesor dermatologi klinis di Icahn School of Medicine, Mount Sinai Medical Center, Amerika Serikat, model poni ini cocok untuk wanita dengan bentuk wajah oval. "Model poni terbelah akan membingkai wajah, sehingga membuat wajah tidak terlihat kaku dan bersiku-siku," ungkap Dr Bowe.

Model poni terbelah juga sangat bergantung pada tipe rambut Anda. Apabila Anda memiliki tipe rambut dengan ketebalan medium, maka model poni membelah sangat sesuai untuk Anda. Apabila rambut Anda terlalu tebal, maka sebaiknya jangan memilih model poni ini karena akan membuat wajah terlalu padat. "Namun tidak masalah juga karena rambut Anda sudah tidak setebal saat usia muda," jelas Fabrice Gili, direktur kreatif Fekkai SoHo di New York.

Model poni lainnya adalah poni bertekstur. Bowe menuturkan, model poni ini sangat sesuai untuk para wanita dengan bentuk wajah menyerupai hati. Sebab, model poni ini akan menegaskan simetri wajah. Selain itu, model poni ini juga sesuai untuk rambut lurus karena tekstur akan menambahkan dimensi dan kontras.

"Mintalah kepada penata rambut untuk memberikan tekstur poni di antara mata Anda. Sementara itu, biarkan sisi kanan dan kirinya lebih tebal. Ini akan menarik perhatian secara visual pada bagian mata tanpa berlebihan. Tetap membiarkan sisi kanan dan kiri lebih tebal akan aoam membuat poni terlihat kuat. Poni bertekstur cocok dipadukan dengan kuncir ekor kuda tinggi," imbuh Gili.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com