Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2015, 16:30 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber flair
KOMPAS.com - Rambut lurus dan mudah diatur menjadi impian dari banyak wanita. Ada beberapa cara mudah dan instan untuk mendapatkan model rambut lurus. Diantaranya adalah dengan bantuan alat pelurus (catok) yang sifatnya temporer atau sementara hingga permanen. Inovasi pelurusan rambut dengan cara smoothing untuk mendapatkan rambut lurus secara permanen pun banyak ditawarkan saat ini. Meski begitu, baik alat catok maupun proses smoothing  keduanya sama-sama menggunakan bahan kimia dan alat bantu yang dapat membahayakan kesehatan rambut. Maka dari itu diperlukan perawatan ekstra untuk rambut yang sering ditata lurus.

Sebenarnya ada alternatif lain untuk membuat tampilan rambut menjadi lurus natural, yakni dengan bantuan aplikasi buah-buahan dan bahan alami pilihan yang bisa dilakukan sendiri seperti dilansir buletin Johnny Andrean Salon berikut ini:

1. Susu
Caranya cukup tuang susu pada botol semprot yang kemudian diaplikasikan pada rambut. Kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu keramaslah seperti biasa dan dapatkan rambut lurus lebih berkilau. 

2. Pisang dan pepaya
Campurkan pisang dan pepaya yang telah dihaluskan, kemudian tambahkan susu. Oles pada rambut layaknya menggunakan masker rambut, biarkan selama 30-45 menit,  bilas dengan keramas dan keringkan. 

3. Santan
Tambahkan santan dengan beberapa tetes air lemon, kemudian dinginkan di lemari es selama dua jam. Oleskan pada rambut, bungkus rambut dengan handuk panas, biarkan selama 30 menit, kemudian keramas seperti biasa. 

4. Air lemon
Lemon memiliki khasiat yang baik untuk rambut. Campurkan air perasan lemon dengan yoghurt, minyak kelapa, telur atau susu. Oleskan pada rambut dan biarkan mengering selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih. 

5. Cuka
Bila perawatan rambut lain dilakukan sebagai masker rambut, lain halnya dengan cuka. Gunakan cuka untuk membilas rambut usai keramas. Dijamin rambut akan menjadi berkilau alami. Namun pastikan menggunakan vinegar atau cuka bewarna coklat yang tak memiliki bahan kimia tinggi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com