Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2015, 19:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com - Anda mungkin berpikir bahwa foto selfie hanyalah sekadar foto biasa. Namun ternyata penelitian mengungkapkan hal yang lebih jauh dari foto selfie. Ternyata karakter seseorang dapat dilihat lewat cara ia berpose saat selfie.

"Kami mengidentifikasi beberapa tanda pada selfie yang berhubungan dengan si pemilik selfie," ujar peneliti dari Nanyang Technological University di Singapura.

"Tanda-tanda karakter dari selfie itu termasuk duckf ace, emosional, dan tanda kontekstual seperti latar belakang lokasi," ujar peneliti.

Lewat penelitian yang dilakukan terhadap 600 pengguna media sosial Tiongkok, Weibo, ditemukanlah beberapa karakter kepribadian dari pose selfie.

Jika pose selfie seseorang tersenyum serta menunjukkan dirinya terlihat gembira dan positif, itu berarti orang tersebut memiliki kepribadian yang mudah diajak bekerja sama dan penuh kasih.

Kemudian jika angle kamera menunjukkan dari sudut bawah maka menunjukkan bahwa orang tersebut adalah orang yang mudah setuju dan mudah menerima sesuatu. Semakin bawah angle dan arah kamera maka semakin besar sifat keterbukaan seseorang.

Selanjutnya, jika latar belakang selfie menunjukkan ruang personal menunjukkan orang tersebut kurang teliti atau bertanggung jawab. Karena pada dasarnya orang yang teliti akan menghindari menunjukkan daerah personal sebagai latar belakang foto.

"Menghindari tempat personal menunjukkan karakter seseorang yang fokus pada ranah privasi mereka," ujar peneliti. Terakhir, duck face menunjukkan karakter yang mudah khawatir.

"Dibandingkan dengan tipe foto lainnya, selfie memberi individu kebebasan untuk mengontrol wajah, ekspresi emosional, latar, dan posisi kamera," ungkap para peneliti.

Itulah mengapa dari foto selfie karakter seseorang dapat terbaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com