Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2015, 20:11 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com - Menurut penulis buku berjudul Follow Your Heart and Being Happy dan How Life Works, Andrew Matthews, ada lima cara mudah yang dapat Anda coba lakukan untuk meredam stres. Tak ada skala prioritas dari kelima hal berikut namun jika Anda bisa coba memulainya satu demi satu, niscaya problema stres yang kerap Anda hadapi akan berangsur hilang. 

1. Lakukan apa yang menurut Anda paling penting
Matthew menyarankan Anda untuk membuat daftar kegiatan dari yang paling penting tiap hari. Daftar kegiatan dengan skala prioritas ini akan membuat Anda mendapatkan pencapaian yang lebih. Ketika Anda melakukan suatu hal yang penting tiap harinya, ini akan membuat Anda merasa lebih baik sepanjang hari. Cobalah memulai dari yang paling mudah untuk ditulis paling bawah, hingga yang paling penting di peringkat atas.

2. Dekat dengan alam
Ketenangan pantai dan pegunungan jauh lebih baik dari hingar bingar klub atau pun keramaian pusat perbelanjaan. Mulailah dengan berjalan di taman atau kebun, karena menurut Matthew berada di alam terbuka akan secara otomatis membuat Anda berpikir lebih jernih dan segar.

3. Berhenti membandingkan diri sendiri
Menurut Matthew, ada masalah yang terjadi pada banyak orang. Kebanyakan meningkatkan kepercayaan diri dengan membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Pemikiran seperti "Saya lebih menarik, karena saya lebih kurus darinya", atau "Saya lebih dipandang karena memiliki kedudukan lebih baik dan teman lebih banyak di media sosial" baiknya dihindari. Jika terus membandingkan diri dengan orang lain, Anda tak akan lebih baik dari mereka. 

Lebih baik membuat tujuan hidup Anda sendiri. Misalnya bagaimana menjadi lebih bahagia, lebih sehat, atau memiliki kemampuan jauh dari saat ini. Hidup bukanlah sebuah kompetisi.

4. Jangan coba mengubah orang
Ketika Anda berusaha mengubah orang untuk menjadi lebih bahagia, sehat, termotivasi, lebih spiritual dan cerdas, maka yang sebenarnya akan menjadi lebih tertekan adalah Anda sendiri. Anda juga akan menuai kebencian dari banyak orang. Umumnya, seseorang akan mengalami perubahan alami yang biasa terjadi dengan proses; kebodohan, bencana, depresi, dan terakhir kebijaksanaan.

Ketika Anda berusaha mengubah orang sebenarnya Anda menghalangi proses alami yang terjadi. Kebanyakan orang akan berkata, "Tetapi menyedihkan melihat mereka menjadi orang yang bodoh!" itu benar namun ketika Anda berusaha mengubah seseorang, mereka tak akan belajar.

5. Biasakan bersyukur
Sebelum Anda tidur di malam hari, Matthew menyarankan Anda untuk mencari minimal satu hal yang membuat Anda bersyukur. Karena pada dasarnya bersyukur adalah salah satu obat stres paling mujarab. Ingatlah bahwa seseorang yang bahagia fokus dengan apa yang mereka miliki, sedangkan orang yang tak bahagia fokus pada hal yang tak mereka miliki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com