Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Wanita Berparas Cantik Kalahkan Logika Pria?

Kompas.com - 04/07/2015, 21:09 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com
- Penelitian terbaru menyebutkan bahwa wanita cantik ternyata dapat mengalahkan logika rasional pria.

Lewat peneltian yang dilakukan terhdap 21 mahasiswa pria di Zhejiang University, Tiongkok, ditemukan bahwa pria lebih mudah setuju kepada wanita cantik meski penawaran tersebut sebenarnya tak adil.

Penelitian dimulai dengan sekelompok pria yang diminta menggolongkan 300 foto dari wanita Tiongkok menjadi golongan atraktif dan kurang atraktif.

Kelompok pria tersebut kemudian dijadikan satu tim untuk bermain game di komputer dengan sebagian wanita yang wajahnya telah dilihat di foto sebelumnya. Pada permainan di komputer tersebut, mereka diharuskan bermain dengan sejumlah uang. Kemudian peneliti akan mempelajari gelombang otak dan seberapa cepat respon yang diterima.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pria cenderung lebih mudah menerima kesepakatan yang buruk dari teman wanitanya yang atraktif. Mereka juga lebih cepat menerima tawaran dari teman wanita yang atraktif ketimbang teman wanita yang kurang atraktif yang digolongkan sebelumnya.

Temuan lainnya menunjukkan bahwa otak pria lebih sensitif terhadap penawaran yang mereka rasa tak adil dari wanita kurang atraktif dan merasa mendapatkan penghargaan lebih ketika berhadapan dengan wanita atraktif.

"Kita nampaknya memiliki bias saat berhadapan dengan orang yang atraktif, yang sebenarnya dilakukan sebagai bentuk penghargaan bagi diri sendiri. Contohnya saja meningkatkan kesempatan untuk berkencan," ujar psikologis Anthony Little dari University of Stirling.

Lebih lanjut, Little mengatakan, "Hal ini menunjukkan bahwa motivasi kita bersikap baik terhadap orang yang atraktif sebenarnya berdasarkan keputusan yang sepenuhnya sadar. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan kita sendiri."

Jika ditangkap dari perkataan Little, banyak orang yang ingin mengambil keuntungan dari orang-orang rupawan. Jadi apa benar seorang yang rupawan selalu diuntungkan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com