Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Harus Baju Koko, Tengok Pilihan Gaya Busana Lebaran untuk Pria

Kompas.com - 05/07/2015, 19:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com -- Ternyata ada beragam inspirasi busana untuk kaum pria di Hari Raya Idul Fitri. Dengan demikian, kaum pria tidak hanya melulu mengenakan baju koko saat merayakan Lebaran. Busana yang berasal dari kain tradisional seperti batik dan tenun pun dapat menjadi pilihan dan alternatif untuk lini busana pria modern.

Perancang busana, Jeny Tjahyawati, menghadirkan inspirasi busana untuk kaum pria dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Pada koleksi yang ditampilkan dalam peragaan busana Ramadhan Runway 2016 di Kota Kasablanka, Jumat (3/7/2015) lalu, Jeny menampilkan koleksi busana pria berbasis kain tradisional.

Untuk busana atasan, Jeny menghadirkan kemeja lengan pendek berpotongan unik yang dibuat dari batik.Palet warna yang dipilih untuk kemeja ini adalah gradasi marun, merah muda, dan lilac. Kemeja batik ini dipadukan dengan celana panjang lebar berlapis yang terbuat dari tenun yang menampilkan gradasi warna merah, biru, dan kecokelatan.

Jeny pun menghadirkan kemeja lengan panjang berkerah kecil serupa baju koko yang menampilkan tenun dan batik. Kemeja ini ditampilkan dalam warna hijau kecokelatan dan tenun berwarna gelap. Celana panjang lebar berbahan tenun dengan gradasi warna pun dipilih untuk dipadukan menjadi gaya busana yang menarik dan unik.

Sementara itu, Deden Siswanto juga menampilkan koleksi busana pria untuk bulan Ramadhan dan Hari Lebaran. Dalam koleksinya kali ini, Deden terinspirasi oleh busana pria khas kawasan Hindustan dan Pakistan. Busana atasan berwarna putih terbuat dari katun yang dibordir sehingga menampilkan detail lubang-lubang.

Guna menyempurnakan penampilan dalam koleksi ini, Deden memberikan sentuhan berupa penggunaan kain songket dan tenun khas Makassar bermotif garis-garis yang dikenakan sebagai aksesoris semacam selendang untuk memberikan aksen dalam busana pria tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com