Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perancang Busana Ini Ciptakan Sweter yang Bisa Bertahan hingga 30 Tahun

Kompas.com - 06/07/2015, 10:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com --
Perancang busana asal Inggris, Tom Cridland (24), mencoba membuktikkan bahwa sebuah busana sebenarnya dapat bertahan lama hingga mencapai puluhan tahun.

Cridland membuat busana jenis sweatshirt yang terbuat dari 80 persen katun organik dan 20 persen polyster. Selain itu, serat silikon juga menjadi bahan dari pakaian untuk menghindari kusut.

Selama ini, Cridland memang dikenal sebagai perancang busana pria. Beberapa aktor ternama seperti Leonardo Dicaprio dan Daniel Craig merupakan langganan Cridland.

Melalui eksperimennya ini, Cridland ingin mengatakan pada dunia bahwa busana sebenarnya memiliki dampak untuk lingkungan.

"Aku tumbuh besar dekat dengan industri fashion," ujar Cridland.

"Aku mulai berpikir untuk membuat busana yang dapat bertahan lama,” imbuhnya.

Kemudian, Cridland menjelaskan bahwa dirinya mencoba berkeliling penyalur garmen, meminta sampel bahan kain sampai akhirnya mendapatkan bahan yang benar-benar diinginkan.

"Kualitas dari kain katun ini sungguh berkualitas terbaik, 360 gram katun per meternya. Ada dua kali penjahitan," Cridland mengklaim bahwa koleksinya ini juga telah di uji coba, agar tak susut saat dicuci menggunakan mesin dan saat proses pengeringan.  

"Saya sebenarnya tak ingin melakukan itu, namun banyak orang yang menginginkan untuk menghemat waktu," terangnya.

Rencananya Cridland akan membuat bahan kain tersebut menjadi model sweatshirt dan dibuat dengan tangan langsung di Portugal. Harga yang dijual adalah 55 poundsterling atau setara dengan Rp 1,2 juta.

Namun, saat ini Cridland sedang mencari donatur untuk mendanai kickstarter atau pembuatan awal yang membutuhkan Rp 1 miliyar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com