Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Bebas Jerawat? Jangan Gosok Gigi Setelah Cuci Muka

Kompas.com - 06/07/2015, 13:30 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis


KOMPAS.com –-
Salah satu “musuh” kecantikan kulit wanita adalah jerawat. Tak hanya membuat wajah terlihat kurang sedap dipandang, jerawat juga membuat banyak wanita tidak percaya diri.

Penyebab jerawat bisa beragam, mulai dari keturunan, dampak alergi dari makanan, kebiasaan buruk, dan stres. Namun, menurut uraian dari situs Harpers Bazaar, ada pemicu lain yang tidak Anda duga bisa memicu jerawat.

Berikut uraian yang dipaparkan oleh Jil Kibildis, seorang pakar estetika untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah dari sebuah klinik facial di New York bernama Heyday.

Pasta gigi
Menurut Kibildis, menggosok gigi setelah cuci muka bisa meninggalkan bekas odol di sekitar wajah. Perlu Anda ketahui bahwa kandungan odol ini bisa menyebabkan iritasi dan kulit kering. Selain itu, bakteri yang terbawa oleh sikat gigi dan tertinggal di permukaan kulit wajah menyebabkan tumbuh jerawat di area sekitar bibir.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggosok gigi sebelum Anda membersihkan wajah. Pasalnya, cara tersebut akan membuat kulit benar-benar bersih tanpa bekas pasta gigi yang tertinggal.

Sarung bantal
“Minyak alamiah kulit dan krim yang Anda gunakan bisa menumpuk di sarung bantal,” ujar Kibidilis. Selain itu, kotoran dari rambut yang jarang dicuci juga bisa tertinggal di sarung bantal. “Keramas sebelum tidur malam sangat disarankan,” imbuhnya.

Kemudian, Kibildis juga merekomendasikan Anda untuk mengganti sarung bantal sekurang-kurangnya sekali dalam satu minggu.

Ponsel, perangkat elektronik, dan kacamata
Kotoran dari keringat dan minyak bisa menumpuk dan bersarang di ponsel, kacamata, dan headphones. Perangkat tersebut jika tidak sering dibersihkan bisa mentransfer bakteri pada kulit penyebab jerawat. Disarankan untuk rajin membersihkan alat elektronik dan kacamata dengan cairan alkohol secara reguler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com