Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Minyak Cabai Efektif Atasi Rambut Rontok

Kompas.com - 06/07/2015, 16:00 WIB
Kontributor Lifestyle, Usihana,
Syafrina Syaaf

Tim Redaksi


KOMPAS.com --
Siapa sangka salah satu bumbu masakan favorit banyak orang bisa menjadi “obat” untuk mengatasi rambut rontok agar kembali tubuh dengan tebal dan kuat.

Seorang blogger kecantikan, Ishika Sachdev, berbagi kiat membuat minyak cabai untuk digunakan sebagai masker rambut. Sachdev yang mengaku mengalami kondisi rambut rontok di usia muda, sama sekali tidak menyangka bahwa ramuan yang dia peroleh dari sang nenek tersebut menjadi solusi praktis dengan harga terjangkau.

Pada sebuah demonstrasi video di Huffington Post, Sachdev mempraktekkan cara mendapatkan minyak cabai tersebut.

Pertama, tuangkan minyak kelapa atau minyak almond sebanyak dua sendok cangkir teh. Lalu, campur dengan satu sendok teh bubuk cabai. Kemudian, campurkan keduanya hingga berubah menjadi pasta.

Untuk mengaplikasikannya, terlebih dulu Anda atur rambut menjadi dua bagian. Selanjutnya, oleskan campuran minyak kelapa dan bubuk sambal tersebut pada kulit kepala dengan tekanan ringan sehingga mengeluarkan minyak. Biarkan minyak meresap pada kulit kepala Anda selama 30 menit. Akhiri dengan mencuci rambut hingga bersih.

Sachdev mengatakan bahwa menggosok minyak cabai di kulit kepala dapat menstimulasi peredaran darah agar mengalir lebih lancar.

Untuk menguatkan efektivitas dari ramuan ini, Sachdev mengaplikasikannya pada kulit kepala neneknya yang telah beruban. Hasilnya, hanya selang beberapa hari, tumbuh anak-anak rambut berwarna hitam di kepala sang nenek.

Namun, agar hasil percobaan Sachdev ini patut Anda terapkan pada ritual perawatan rambut. Huffington Post bertanya pada dua orang dermatologis, Sejal K. Shah, MD., dan Dr David E. Bank.

Menurut Shah yang merupakan dokter kulit bersertifikat, bahan aktif dalam cabai atau minyak cabai adalah capasaicin. Nah, kandungan tersebut berfungsi untuk melancarkan peredaran aliran darah. Kulit kepala yang terstimulasi dengan baik merupakan pijakan utama untuk menumbuhkan rambut yang lebat dan sehat.

Sementara itu, sebuah hasil studi yang digelar pada tahun 2007 lalu mengatakan bahwa capsaicin ditemukan meningkatkan pertumbuhan bulu pada tikus dan rambut pada manusia.  Hasil penelitian yang dilakukan oleh David E. Bank dari The Center for Dermatology, New York, AS, menambahkan bahwa minyak cabai juga memproduksi alopecia, bahan pendukung untuk melengkapi manfaat minyak cabai pada rambut.

Kedua dokter tersebut di atas menambahkan bahwa selain minyak cabai, bahan-bahan alamiah seperti rosemary, lavender, tanaman saw palmetto, dan tanaman bernama stinging nettle, juga memiliki sejuta manfaat untuk keindahan rambut Anda.

Tentu saja, seluruh bahan-bahan alamiah itu, kata Dr Banks dan Shah, semakin efektif jika didukung dengan pemakaian vitamin E dan Biotin secara rutin.  

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com