Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/07/2015, 09:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
Tahukah Anda, ternyata minyak kelapa memiliki beragam manfaat untuk kecantikan? Menurut para ahli, minyak kelapa digunakan dalam berbagai produk kecantikan alami karena memiliki manfaat anti-bakteri dan anti-jamur. Selain itu, minyak kelapa pun merupakan salah satu jenis pelembap yang sangat disarankan untuk tubuh.

Jika ingin tahu apa saja manfaat minyak kelapa untuk kecantikan, simak uraian yang didukung para ahli berikut ini:

1. Menghapus riasan mata
Riasan mata dan bahkan maskara tahan air pun dapat dihapus dengan mudah menggunakan minyak kelapa. Caranya, cukup taruh sedikit minyak kelapa pada kapas dan usapkan dengan lembut ke bagian mata. Usap juga ke area bawah mata Anda dan setelah itu berishkanlah wajah dengan menggunakan air. Minyak kelapa bekerja dengan baik untuk menghapus riasan mata yang tebal dan terlalu pekat menempel. Selain itu, area mata pun menjadi lebih lembap.

2. Membersihkan wajah
Minyak kelapa memiliki sifat alami antibaketi, antijamur, dan melembapkan. Sebuah riset menemukan bahwa minyak kelapa juga bagus untuk merawat kulit dan banyak wanita yang telah menggunakannya sebagai pelembap wajah yang digunakan pada malam hari. Untuk membersihkan wajah, usap minyak kelapa pada wajah dan leher dengan gerakan melingkar, kemudian bersihkan wajah seperti biasa. Namun, Anda yang rentan terhadap jerawat sebaiknya hindari teknik ini.

3. Melembapkan kulit
Sebuah penelitian menemukan bahwa minyak kelapa sangat efektif meningkatkan kelembapan kulit dan merawat kulit yang sangat kering. Sehingga, untuk memperoleh kulit yang lembap, oleskan minyak kelapa pada kulit layaknya mengaplikasikan lotion pada kulit. "Selain aromanya yang harum, minyak kelapa juga murah dan membuat kulit ternutrisi dan lembut," ungkap Katrine van Wyk, pakar kesehatan holistik di New York, Amerika Serikat.

4. Sebagai kondisioner rambut
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa banyak produk conditioner rambut mengandung minyak kelapa karena lebih mampu melakukan penetrasi ke dalam rambut dan mencegah kekurangan protein ketimbang mineral dan minyak bunga matahari. Anda pun dapat mencoba sendiri teknik berikut di rumah. Pada malam hari, aplikasikan satu sendok minyak kelapa pada rambut kemudian sisir lembut rambut Anda. Lalu, bentuk rambut seperti sanggul sederhana dengan diangkat ke atas. Kemudian, alasi bantal dengan handuk atau tidur dengan shower cap. Saat pagi hari, bilas rambut dengan keramas seperti biasa.

5. Mencukur bulu kaki
Mencukur bulu kaki dengan krim konvensional cukup merepotkan karena harganya yang terbilang mahal dan mengandung bahan-bahan kimia. Anda bisa menggantinya dengan minyak kelapa. Selain terjangkau, minyak kelapa juga secara alami bersifat antibakteri dan beraroma harum sehingga mampu melembapkan dan membuat segar kulit kaki Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com