Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Bubuk Kunyit Kering Ampuh Memutihkan Gigi?

Kompas.com - 07/07/2015, 10:30 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com – Kunci utama dari senyum yang indah adalah barisan gigi putih yang bersih. Namun, umumnya perawatan pemutihan gigi membutuhkan biaya tinggi. Anda tak perlu khawatir, uraian berikut akan membantu Anda mendapatkan gigi putih dengan cara alamiah.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Dr Uchenna Okoye, Clinical Director di London Smiling Dental Group, membeberkan sejumlah penjelasan mengenai memutihkan gigi secara aman dan bisa dilakukan di rumah.

Stroberi

Pertanyaan
Apakah sikat gigi yang dicelupkan dalam tumbukan stroberi bisa memutihkan gigi dalam waktu dua minggu?

Penjelasan
Benar. Namun, stroberi mengandung asat sitrat yang dapat meluruhkan kekuatan gigi Anda. Oleh karena itu, pilih stroberi yang sudah matang. Sebab, stroberi matang mengandung asam malat yang tinggi dan lebih lembut. Asam malat ini lebih “bersahabat” pada kecantikan gigi ketimbang asam sitrat.

Kunyit

Pertanyaan
Apakah bubuk kunyit kering yang dicampur air bisa mengangkat kotoran dan memutihkan gigi?

Penjelasan
Menurut Dr Okoye, segala hal yang bisa meninggalkan noda pada kemeja putih maka bisa mengotori gigi Anda juga. Tidak ada bumbu makanan yang bisa memutihkan gigi, terutama bumbu yang berwarna kuning. Jadi, mitos bubuk kunyit, kata Dr Okoye, adalah mitos yang bisa berujung pada bencana.

Kulit pisang

Pertanyaan
Benarkah menggosok gigi dengan kulit pisang dua menit selama tiga minggu bisa mencerahkan warna gigi?

Penjelasan
Benar. Sebab, kandungan kalium dan magnesium yang tinggi pada pisang efektif untuk menghilangkan noda pada gigi. Selain itu,Dr Okoye mengatakan bahwa kulit pisang bisa menjadi eksofiliator atau alat pengangkat noda dan kotoran pada gigi. Namun, kandungan pada pisang tidak bisa benar-benar membersihkan gigi hingga mencapai pori-pori. Namun, rajin melakukan perawatan gigi dengan rajin makan pisang atau menggosok gigi dengan kulit pisang, bisa menjadi alternatif murah untuk mendapatkan gigi lebih putih dan cantik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com