Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaun Bayi Ini Telah Dikenakan 8 Generasi Keluarga Kerajaan Inggris

Kompas.com - 07/07/2015, 19:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com - Putri Charlotte, anak kedua Pangeran William dan Kate Middleton dibaptis pada hari Minggu (5/7/2015) sore waktu setempat di gereja St Magdalene, Sandringham, Inggris. Publik dan para awak media pun menyoroti gaun bayi berwarna kuning gading yang dikenakan sang putri.

Gaun bayi tersebut ternyata dikenakan pula oleh Pangeran George, kakak Putri Charlotte pada upacara pembaptisannya pada Oktober 2013 silam. Yang menarik, gaun ini ternyata memiliki perjalanan yang cukup panjang dalam sejarah Kerajaan Inggris dan telah dikenakan oleh setidaknya delapan generasi keluarga kerajaan yang kini dipimpin Ratu Elizabeth II tersebut.

Gaun ini merupakan replika yang persis dikenakan oleh anak pertama Ratu Victoria pada tahun 1841. Sejak saat itu hingga tahun 2004, semua bayi anggota keluarga Kerajaan Inggris dibaptis dengan mengenakan gaun yang sama tersebut, termasuk Ratu Elizabeth II, Pangeran Charles, Pangeran William, dan Pangeran Harry.

Gaun bayi ini terdiri atas beberapa lapisan bahan, seperti bahan renda Honiton buatan tangan dan satin berwarna gading. Pada tahun 2004, Ratu Elizabeth II merasa gaun bayi ini sudah mulai lapuk dan terlalu tipis untuk dikenakan. Sehingga, Ratu menugaskan perancang busana pribadinya, Angela Kelly, untuk membuat gaun replika yang sama persis.

Tim yang terdiri atas para penjahit wanita bekerja di Istana Buckingham untuk menciptakan ulang detail-detail rumit pada gaun bayi bersejarah tersebut, termasuk kerah yang tinggi dan aksen lipatan-lipatan. Gaun replika ini pertama digunakan pada upacara pembaptisan James, Viscount Severn yang merupakan anak dari Pangeran Edward pada tahun 2008 lalu.

Gaun ini terakhir dikenakan oleh Pangeran George pada upacara pembaptisannya. Upacara sakral tersebut dihelat di Istana St James pada bulan Oktober 2013 lalu dan kemudian dikenakan oleh Putri Charlotte pada upacara pembaptisannya yang dihelat hari Minggu (5/7/2015) kemarin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com