Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2015, 07:00 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

KOMPAS.com — Para penggemar perawatan tubuh dan kecantikan, ada sebuah kabar gembira yang mungkin kurang aplikatif. Sekarang, urine bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat bandel di sekitar kulit wajah Anda.

Ritual minum urine yang memiliki istilah urophagia dan memulaskan urine pada jerawat menjadi sebuah terobosan baru dalam ranah kecantikan.

Namun, mengonsumsi urine sebenarnya sudah bukan hal baru di dunia medis. Sebab, urine memang memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan Anda. Dulu, pada zaman Romawi, urine digunakan sebagai formula untuk memutihkan gigi. Selain itu, mandi urine juga populer di Paris pada abad ke-18.

Kini, berdasarkan hasil penelitian bertajuk Your Own Perfect Medicine, karya Martha Christy, seorang penulis sains dan konsultan kesehatan alamiah, menuliskan bahwa urine mendatangkan manfaat untuk manusia terkait estetika.

Menurut Christy, jika Anda tidak sampai hati meminum urine, maka memulaskan urine pada wajah, terutama di area yang berjerawat bisa mendatangkan sebuah “keajaiban” tersendiri. Wajah bisa menjadi lebih bersih dan mulus.

Sementara itu, sebuah artikel di The Telegraph karya jurnalis bernama Rebecca Reid, melakukan investigasi terhadap wanita yang bersumpah pernah memulaskan urine pada wajah mereka.

Salah satu dari narasumber Reid mengatakan, urine sangat efektif untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat. Pulaskan urine pertama pada pagi hari di cotton bud, lalu tepuk-tepuk pada jerawat di wajah. Tunggu hingga kering, lalu bersihkan menyeluruh. Cara ini, kata para narasumber Reid, lebih ampuh dari menggunakan obat jerawat dan aspirin.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com