Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ungkapan Geram Model Berkulit Gelap Hebohkan Dunia Maya

Kompas.com - 08/07/2015, 21:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber Dailymail


KOMPAS.com - Model berdarah Sudan, Afrika, Nykhor Paul (25) lewat media sosial Instagram mengungkapkan kegeramannya karena diperlakukan berbeda (rasisme) dalam industri modeling. Lewat akun Instagram pribadinya @nykhor, ia menulis, "Yang tersayang orang-orang kulit putih di dunia fashion. Tolong jangan anggap ini sebagai hal yang salah, tetapi sekarang saatnya untuk kalian tak malas saat berhadapan dengan warna kulit kami! Kenapa aku harus membawa make-up sendiri ke sebuah peragaan busana saat bekerja, sementara semua wanita kulit putih tak perlu menyiapkan apapun, hanya tinggal membawa tubuh mereka saja!" tulis Paul.

Model yang kerap ikut serta dalam peragaan busana di New York, London, Milan, Paris dan Cape Town ini rupanya sudah merasa muak sekaligus lelah ketika ia harus terus minta maaf perihal warna kulitnya serta menerima permintaan maaf dari penata rias saat bekerja di belakang panggung catwalk. "Fashion itu sebuah seni. Seni tak pernah menerapkan rasisme. Kenapa kita tak bisa menjadi bagian dari dunia fashion yang utuh dan bersikap adil sama rata?" tulis Paul. 

Lebih dari 3.000 follower mendukung pernyataan Paul tersebut. "Sangat parah jika selama ini kau harus membawa make-up sendiri!!! Ini hal terbaik yang aku baca sejauh ini!!," tulis salah satu follower-nya". Sedangkan follower lainnya sempat menyebutkan, "Ini harusnya bukan menjadi sebuah perjuangan di tahun 2015, ketika orang-orang menyebut diri mereka sendiri profesional".

Paul menyarankan bagi semua penata rias yang merasa profesional, harusnya mereka melakukan riset terlebih dahulu sebelum berada di belakang panggung fashion show, serta menyediakan riasan lengkap untuk berbagai warna kulit.

Tak hanya itu, Paul bahkan tak segan menyebutkan segala merek make-up yang menyediakan tingkatan warna kulit lebih gelap agar para penata rias profesional lebih peka dan merasa malu. "Stop meminta maaf karena hal tersebut melecehkan dan berkesan meremehkan rasku. Serius! Tolong untuk setidaknya berusaha sedikit," tulis Paul kepada para penata rias.

Paul sendiri adalah seorang model papan atas dunia. Ia telah tampil di atas panggung rumah mode ternama seperti Viviane Westwood, Balenciaga, Rick Owens, hingga Luis Vuitton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com