Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2015, 16:28 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis

KOMPAS.com – Meningkatnya aktifitas jual beli di pasar merupakan salah satu sorotan setiap menjelang hari raya. Bahkan, lonjakan harga tak dapat mengalahkan kebutuhan masyarakat akan sembako dan bahan pangan lainnya. 

Sebaliknya, kondisi tersebut jarang ditemukan pasca-Lebaran. Pasar akan cenderung sepi pedagang karena ikut berlebaran dan pulang kampung. Jika ada yang buka, umumnya mereka pun membatasi barang jualannya. 

Namun, meski berbeda, pada kedua waktu tersebut tidak jarang terjadi kelangkaan bahan makanan di pasar, khususnya pada kota besar seperti Jakarta. Seringkali warga yang tidak mudik kehabisan barang sehingga kesulitan memasak.

Jalan pintas yang biasa dilakukan ialah memesan makanan cepat saji. Wajar saja, hanya dengan menelepon, setengah jam kemudian makanan bisa terhidang di meja makan. Padahal, hal ini dapat menyebabkan kantong bolong karena harganya yang relatif mahal.

Membawa pasar ke dunia online

Belanja online merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan masyarakat. Ini menjadi alternatif bagi mereka yang menginginkan kenyamanan. Kita biasa berbelanja pakaian, gadget, atau peralatan rumah tangga via online, tapi belum banyak yang mengetahui bahwa bumbu dapur pun diperjual belikan secara daring.

Ya, ini dapat menjadi pilihan menyiasati kehabisan bahan masakan ketika Lebaran. Pikir kembali saat cabai, lengkuas sampai daun salam dapat ditemukan di situs belanja yang biasa kita kunjungi tanpa perlu ke pasar? Selain itu, Anda juga dapat menemukan berbagai kebutuhan sembako, seperti beras, sayur mayur, dan buah-buahan.

Shutterstock Kita biasa berbelanja pakaian, gadget, atau peralatan rumah tangga via online, tapi belum banyak yang mengetahui bahwa bumbu dapur pun diperjual belikan secara daring.

Harga yang diberikan pun tidak jauh beda dengan pasar. Malah Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos perjalanan, karena ada toko online dengan biaya pengiriman gratis. Kemudahan lainnya, di sini bumbu dapur dan bahan pangan tersebut juga bisa didapatkan secara eceran atau kiloan.

Tak hanya sembako, Anda juga dapat menemukan aneka kue kering. Memang, penganan satu ini begitu dibutuhkan untuk menghiasi meja ruang tamu selama hari raya. Bayangkan, bagaimana jika kue di rumah habis sebelum tamu datang semua? Dengan membelinya secara online, Anda tidak perlu ketar-ketir mencari.

Salah satu situs belanja yang dapat Anda pilih ialah BukaLapak. Layanan e-commerce yang satu ini menyediakan berbagai macam kebutuhan.

Tak hanya gadget dan pakaian, jenis makanan mulai dari bumbu dapur hingga kue kering pun tersedia. Kelebihan berbelanja online seperti ini, Anda dapat mengetahui rincian harga, diskon, serta informasi pemesanan dan pembatalan tanpa harus sibuk dengan tawar-menawar.

Hanya dengan memilih-milih di layar komputer, pesanan dapat diantar langsung ke rumah. Kegiatan silaturahmi Anda dengan keluarga pun akan tetap lancar dan tidak terganggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com