Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Balasan "Cyberbullying" Ratu Kecantikan Remaja Amerika Serikat

Kompas.com - 11/07/2015, 14:09 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com - Isabella Gaines, kontestan ratu kecantikan remaja asal North Carolina, Amerika Serikat, membuat suatu kampanye selfie tanpa menggunakan riasan wajah dengan tanda tagar NoMakeupSelfies di media sosial Instagram. Kampanye ini ia lakukan untuk meredam fenomena merebaknya cyberbullying yang banyak menimpa para wanita melalui media internet. Sebenarnya, kampanye yang dilakukan oleh Gaines tidak pernah direncanakan dan muncul secara tak sengaja. Gaines bahkan pernah menjadi salah satu korban bullying di dunia maya.

Awalnya, seorang pengguna Twitter tanpa identitas dengan akun @kwurtyup mengunggah foto Gaines dan kontestan ratu kecantikan remaja lain tanpa mengenakan riasan. "Ini adalah orang yang sama pada kedua gambar. Sungguh hal luar biasa yang bisa dilakukan oleh riasan wajah @bellagainess."

Gaines yang di-mention langsung dalam foto tersebut justru memberi respon yang tak terduga. Alih-alih malu dengan foto tanpa riasan wajah, ia justru terus mengunggah foto naked face-nya dan menulis, "Malam ini aku menerima notifikasi Twitter yang menurutku cukup merendahkan dan melecehkan. Aku harusnya merasa tak nyaman dengan penampilan tanpa riasan wajah. Tapi apa yang aku rasakan? Aku sangat nyaman dengan penampilanku sendiri dan menerima apa yang tidak sempurna pada diriku, karena aku tahu aku adalah gambaran Tuhan," tulis Gaines. Kemudian ia coba mengingatkan pada netizen bahwa semua manusia merupakan ciptaan Tuhan yang indah dan luar biasa.  

Rupanya, respon Gaines tersebut menginspirasi kontestas ratu kecantikan remaja lain untuk ikut berbagi foto tanpa rias wajah mereka di media sosial. Tak ketinggalan Ratu Kecantikan America, Kira Kazantsev juga ikut menunggah foto selfie-nya tanpa riasan sama sekali. Nampaknya akun yang kerap melancarkan serang cyberbullying pada Gaines cukup mendapat pukulan telak lewat balasan manis ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com