Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Dilakukan Sang Gadis Peraih Nobel Saat Berulang Tahun

Kompas.com - 13/07/2015, 18:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber TIME.com


KOMPAS.com - Pada ulang tahun yang ke-18, biasanya remaja akan dengan senang hati merayakan ulang tahunnya dengan pesta meriah. Namun berbeda halnya dengan yang dilakukan aktivitis pendidikan anak perempuan dan peraih penghargaan nobel asal Pakistan, Malala Yousafzai. Pada ulang tahunnya yang jatuh pada hari Sabtu (11/7/2015) lalu, Yousafzai menghabiskan hari kelahirannya dengan berkunjung ke Malala Yousafzai All-Girls School yang berada di Lebanon, dekat perbatasan Suriah.

Malala Yousafzai All-Girls School menyediakan akses pendidikan bagi 200 lebih gadis pengungsi asal Suriah, yang selama ini jarang menjadi perhatian dunia. "Saya merasa terhormat menandai ulang tahun ke-18 ini dengan berbagi suka cita dengan para gadis pemberani dan menginspirasi asal Suriah ini,"ujar Yousafzai.

Di hari istimewa tersebut juga, Yousafzai memberi pesan bagi para pemimpin dunia, "Hari ini, aku memiliki pesan kepada para pemimpin di negara ini, di daerah ini, dan di dunia ini. Kalian telah gagal menangani rakyat Suriah, terutama anak-anak Suriah. Tragedi ini merupakan hal yang memilukan dan merupakan krisis pengungsi dunia paling buruk yang terjadi selama beberapa puluh tahun belakangan."

Tak hanya mengunjungi, Yousafzai juga berhasil mengumpulkan dana sebanyak 250.000 dollar AS atau setara dengan Rp 3 miliar dan disumbangkan lewat UNICEF/UNHCR sebagai upaya mendukung sekolah anak perempuan di pengungsian daerah Yordania.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TIME.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com