Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Cegah “Make Up” Tidak Cepat Luntur Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 14/07/2015, 13:35 WIB
Kontributor Female, Lusina

Penulis

KOMPAS.com -- Hidup di negeri tropis yang kaya cahaya matahari seperti Indonesia membuat kulit wajah cepat berminyak. Alhasil, makeup atau riasan wajah pun jadi tidak tahan lama alias cepat luntur. Menyebalkan? Tentu saja. Terutama bagi Anda para wanita karier yang membutuhkan penampilan prima sepanjang waktu beraktivitas.

Salah satu riasan wajah yang paling sering mengalami efek samping dari kulit berminyak adalah bagian mata. Entah eyeshadow luntur atau maskara menggumpal, intinya saat riasan wajah mulai luntur maka yang paling dulu terlihat adalah riasan mata.

Seorang penata rias profesional, Sandy Linter, dari Los Angeles, Amerika Serikat, berbagi rahasia merias wajah supaya awet meskipun matahari sedang terang benderang. Penasaran? Yuk, simak bersama.

Awali dengan concealer
Concealer
menawarkan kelebihan untuk menutupi noda atau jerawat dengan sempurna. Fungsi “ajaib” lainnya adalah ampuh meredakan warna hitam di bawah mata Anda. “Concelear berguna untuk menutupi noda hitam dan kompleksi kulit yang tidak merata. Pulaskan concealer secukupnya pada wajah Anda sehingga warna kulit wajah tampak senada,” ujar Linter.

Jangan lupakan primer
Menggunakan primer pada ritual dandan Anda sifatnya wajib. “Banyak orang malas mengenakan primer, tapi Anda harus mengenakannya. Kulit pada kelopak mata merupakan bagian yang paling cepat berminyak, terutama di cuaca panas. Pastikan tangan Anda bersih saat mengaplikasikannya dengan ujung jari,” saran Linter. Primer atau eyebase efektif untuk mencegah riasan menggumpal karena udara yang panas di sekitar Anda.

Kenakan riasan mata waterproof terbaik
Sekarang, sudah banyak riasan mata waterproof di pasaran. Anda tinggal memilih yang sesuai jenis kulit dan tentunya anggaran belanja Anda. “Warna terang, baik eyeshadow dan eyeliner, sangat cocok di musim panas. Pilihan warna yang lebih cerah bisa membuat mata Anda terlihat lebih segar dan muda. Lalu, kombinasikan dengan lipstik warna senada dengan kulit (nude),” jelasnya.

Sempurnakan dengan maskara
Tahap akhir untuk “mengangkat” riasan mata, tentu saja harus ada sentuhan pulasan maskara. Selain bulu mata akan lebih lentik, maskara juga bisa membuat mata terlihat lebih berbinar dan indah. “Untuk hasil bulu mata yang tebal dan hitam, pastikan Anda memulaskan maskara dari pangkal hingga bulu mata secara merata. Pastikan memilih maskara dengan tekstur yang cepat menyerap untuk menghindari gumpalan cairan maskara di ujung mata,” jelas Linter.

Lalu, Linter juga menyarankan untuk sedikit menggoyangkan stick maskara saat mengaplikasikan pada bulu mata. Tujuannya untuk memberikan hasil akhir bulu mata yang tidak menggumpal. Pulaskan berkali-kali untuk mendapatkan rias mata yang dramatis.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com