Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rajin Kenakan Bra Sebabkan Payudara Cepat Kendur, Apa Iya?

Kompas.com - 14/07/2015, 14:15 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

KOMPAS.com -- Seperti kita ketahui fungsi bra adalah sebagai pakaian dalam yang berfungsi untuk melindungi dan menyanggah payudara dari balik busana pilihan Anda. Namun, sebuah studi menemukan fakta baru yang cukup mengejutkan. Apa itu? Berikut uraiannya.

Lewat penelitian yang dilakukan oleh Jean-Denis Roullon, spesialis medis olahraga dari Centre Hospitalier Universitaire di Bensancon, Perancis, mengungkapkan bahwa penggunaan bra justru dapat membuat payudara menjadi kendur.

Dimulai sejak tahun 1997, Rouillon telah melakukan penelitian terhadap 330 relawan wanita dari usia 18 sampai 35 tahun dengan mengukur perubahan ukuran payudara tiap tahunnya. Hasilnya, ditemukan bahwa wanita yang tak menggenakan bra, tiap tahunnya mengalami kenaikan pada puting setingi 7 milimeter.

Sementara itu, mereka yang rajin menggunakan bra, payudaranya justru cenderung turun atau kendur. Menurut Rouillon hal ini disebabkan oleh bra yang mencegah pertumbuhan jaringan payudara sehingga mengakibatkan penurunan lebih cepat.

"Secara medis, psikolosis, dan anatomi, payudara sebenarnya tak memiliki manfaat apapun dari melawan gravitasi. Sebaliknya, payudara justru lebih kendur karena bra," ujar Ruillon.

Sayangnya, Rouillon mengungkapkan bahwa penelitian ini tak memiliki manfaat untuk wanita dalam segala usia. Pasalnya, studi tersebut hanya dilakukan pada relawan usia muda yakni 18-35 tahun. Diluar usia tersebut, tak dapat dibuktikkan apakah penggunaan bra justru mengurangi pengenduran payudara atau sebaliknya menyebabkan pengenduran yang lebuh parah. Jadi, Rouillion juga tak dapat menyarankan semua wanita untuk berhenti menggenakan bra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com