Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Standar Kecantikan Wanita Asia yang Mengejutkan

Kompas.com - 20/07/2015, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com -- Persepsi akan kecantikan wanita di seluruh dunia tentu berbeda-beda. Selain itu, tren kecantikan pun berubah dengan cepat, menjadikan persepsi kecantikan juga seringkali berganti-ganti sesuai tren kecantikan yang tengah digemari.

Wanita Asia pun memiliki ragam standar kecantikan yang berbeda. Di masa kini, Asia menjadi kiblat kecantikan karena merupakan "rumah" bagi banyak tren kecantikan, tidak terkecuali produk-produk kecantikan dan perawatan kulit.

Berikut beberapa standar kecantikan wanita Asia yang dianggap mengejutkan yang dikumpulkan oleh situs Marie Claire.

1. Jepang
"Pipi dengan rona berwarna merah jambu yang meluas hingga bagian bawah mata awalnya dimulai di komunitas Harajuku dan kemudian dengan cepat menjadi tren di seluruh Jepang. Rona warna merah jambu di bagian bawah mata akan menambah warna tanpa kontur atau garis tegas, sehingga wajah terlihat lebih bulat, lembut, dan muda," ungkap Jenny Patinkin, seorang penata rias profesional.

2. Korea Selatan
Wanita Korsel menyukai kecantikan alami dan mereka kini tengah menggemari cairan semprot untuk membuat wajah senantiasa lembab dan produk-produk kecantikan lainnya yang menjadikan wajah mereka terlihat lembab.

"Banyak tren kecantikan global yang berasal dari Korea. Sekarang ada tren 'air' termasuk semprot untuk wajah, masker air untuk tidur, dan bahan-bahan lainnya untuk menjadikan kulit wajah berada pada kadar kelembaban maksimal," jelas Jill Tomandl, Wakil Direktur Pengembangan Produk dan Inovasi Estee Lauder.

3. Thailand
Wanita Thailand ternyata memiliki standar kecantikan yang cukup berbeda ketimbang para wanita di Jepang dan Korea Selatan. "Di Thailand, alis berbentuk lurus, tegas, dan penuh yang dipadukan dengan warna lipstik cerah dan kulit putih menjadi tren yang digemari wanita," ungkap Michelle Phan, seorang video blogger kecantikan.

4. Dubai
Menurut Lori Taylor-Davis, kepala penata rias profesional di Smashbox Global, para wanita di Dubai sangat menggemari alis yang penuh dan tebal. "Mereka sangat teliti dan memiliki keinginan yang sangat besar untuk memiliki alis yang tebal dan penuh. Wanita Dubai menyukai alis yang lurus dan datar," imbuhnya.

5. India
"Para wanita India sangat mencintai riasan mata yang saya sebut sebagai Sweet dan Sour. Maksudnya adalah perona mata berwarna pastel nan feminin pada kelopak mata dengan eyeliner berwarna kontras, seperti hijau cerah, biru elektrik, atau magenta," tutur Patinkin.

Nah, menurut Anda, bagaimana standar kecantikan wanita di Indonesia masa kini? Adakah riasan tertentu yang kini tengah digemari oleh para wanita Indonesia?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com