Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Sebutan "Model Berukuran Plus" Tak Selalu Menyenangkan

Kompas.com - 20/07/2015, 11:09 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

Sumber TIME.com


KOMPAS.com - Dunia fashion saat ini menggolongkan model wanita ke dalam dua jenis sebutan sesuai bentuk tubuh. Pertama untuk golongan tubuh normal dan kedua untuk model dengan ukuran tubuh plus. Namun, setelah sekian lama, para model wanita bertubuh plus akhirnya merasa tidak nyaman saat mereka kerap disebut sebagai plus size model. Padahal jika ditilik, pekerjaan mereka jelas sama dengan para model yang memiliki ukuran tubuh normal.

Salah seorang model berukuruan tubuh plus yang cukup mendunia, Ashley Graham mengatakan bahwa ia sempat memiliki masalah dengan sebutan plus size untuk dirinya. "Saya pernah menyadari bahwa saya tak akan pernah bisa diterima sesuai dengan keinginan masyarakat di industri ini," cerita Graham. Model yang pernah tampil sebagai sampul depan majalah pria dewasa ini mengatakan bahwa dahulu ia merasa sebagai seseorang yang tak diterima di dunia fashion. "Industri fashion mungkin saja melabeli saya dengan sebutan plus size namun saya lebih suka fokus dengan ukuran tubuhh yang saya miliki," tambah Graham.

"Ketika di Nebraska, saya dikenal sebagai model bertubuh gemuk. Apalagi ada sebutan wanita cantik yang gemuk," tukas Graham yang merasa sedih dengan pernyataan yang untuknya cukup menyakitkan. "Saat itu kepercayaan diri saya seperti hancur, merasa didiskriminasi dan dikontrol oleh orang yang tak mengerti megenai bentuk tubuh dan industri model ini. Harusnya semua perlu bekerja sama untuk membentuk kembali sebuah citra kecantikan dunia. Semuanya bisa dimulai dari diri kita sendiri sejak dini," ucap Graham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com