Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Pertama dalam Sejarah, Angkatan Darat Inggris Miliki Jenderal Wanita

Kompas.com - 20/07/2015, 12:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com — Angkatan Darat (AD) Kerajaan Inggris akhirnya memiliki jenderal wanita pertama sepanjang sejarah. Susan Ridge (52) menjadi wanita pertama yang memiliki pangkat tertinggi di AD Inggris. Ridge diangkat menjadi jenderal bintang dua dengan pangkat mayor jenderal pada bulan September mendatang.

Ridge akan menduduki posisi Direktur Jenderal Layanan Hukum Angkatan Darat yang menangani tim terdiri atas 130 orang pengacara. "Saya sangat tertegun mendengarnya. Rasanya sangat mendebarkan, tetapi saya sadar betul ini adalah sebuah kehormatan dan keistimewaan," ungkap Ridge.

Ibu satu anak ini sudah mengabdi di AD Inggris selama 23 tahun. Dia memutuskan untuk bergabung di dunia militer setelah berkarier selama enam tahun di sebuah firma hukum, dengan spesialisasi hukum pertanahan dan properti. Namun, saat itu Ridge merasa dirinya perlu mencari sebuah tantangan baru yang lebih besar.

"Awalnya saya bergabung hanya pada tingkat dasar untuk empat tahun. Saat itu saya tidak berambisi menjadi seorang mayor jenderal dan saya tidak yakin saya akan bergabung untuk menjadi seseorang dengan pangkat tersebut," jelas Ridge.

Suami Ridge juga berkarier di dunia militer dengan pangkat letnan kolonel di AD Inggris. Pernikahan keduanya menghasilkan seorang anak laki-laki yang kini berusia remaja. Menurut Ridge, dia sangat beruntung karena bersuamikan sesama anggota militer sehingga suaminya sangat mendukung karier sang istri sepenuhnya.

"Suami saya sangat mendukung pekerjaan saya serta bertanggung jawab pula dalam mengelola keluarga dan rumah tangga sambil juga mengelola kariernya sendiri. Ada saat ketika dia dikirim untuk dinas di lokasi yang jauh. Dia juga pernah bertugas di Balkan dan Afganistan, tetapi semua dapat dilalui dengan baik," tutur Ridge.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com