Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/07/2015, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com -
Setiap wanita mengidamkan kulit yang sehat, cantik, dan senantiasa berseri. Namun, tidak sedikit wanita yang harus bergelut dengan berbagai permasalahan kulit, salah satunya adalah kondisi kulit kering. Nah, bagaimana cara mudah dan ampuh untuk mengatasinya?

Mengutip situs StyleCaster, ada beberapa cara yang disarankan oleh para ahli. Anda bisa mencobanya sendiri!

1. Kenali kondisi kulit

Sebelum mengaplikasikan beragam produk perawatan kulit, Anda sebaiknya mengenali seperti apa sebenarnya kondisi kulit kering. "Kulit yang dehidrasi dapat terlihat bersisik, kemerahan, dan kusam. Kulit juga dapat terasa gatal, kejang, hingga dapat pecah," ujar Alina Gonzalez, Direktur Eksekutif Pamasaran Inovasi Global Avon.

2. Konsumsi air putih

Ingat saran klasik untuk mengonsumsi delapan gelas air putih guna memperoleh kulit yang sehat? Ternyata delapan gelas saja tidak cukup. Melakukan dengan seksama soal pengelolaan gaya hidup sehat juga akan memberikan hasil terbaik.

"Rutinitas ini juga termasuk mengonsumsi air putih secara teratur. Namun, delapan gelas air putih saja tidak cukup memberikan kulit yang indah," terang Jennifer Flores, konsultan kecantikan Space NK.

3. Perhatikan kandungan produk 

Kandungan produk sangat penting untuk hasil yang Anda peroleh setelah pengaplikasian. Untuk kelembapan ekstra pada kulit, gunakan produk yang mengandung hyaluronic acid, argan oil, teh hijau, vitamin A, E, dan C, koenzim Q, dan aloe vera.

"Anda juga harus menghindari produk yang mengandung alkohol dan bahan kimia keras yang dapat menghilangkan kelembapan kulit," jelas Dr Craig Austin, seorang dermatolog.

4. Kurangi aktivitas di bawah paparan sinar matahari

"Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit kering, khususnya bila Anda tidak menggunakan tabir surya. Gunakan pelembap dengan spektrum perlindungan yang luas terhadap sinar UVA dan UVB, yakni produk dengan SPF 15 atau di atasnya yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan risiko kulit kering," jelas Gonzalez.

5. Konsumsi suplemen

Diet seimbang dan suplemen sangat penting untuk kulit dan juga kesehatan tubuh. "Suplemen seperti minyak ikan mengandung nutrisi penting yang berkaitan dengan merawat dan menjaga kelembapan kulit. Selain itu, suplemen juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit," tutur Ginzalez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com