Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Bentuk Wajah Wanita yang Dianggap Menarik oleh Pria

Kompas.com - 22/07/2015, 13:57 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

KOMPAS.com -– Sejumlah wanita mengakui bahwa pikiran pria sangat sulit untuk ditebak, begitu juga sebaliknya. Namun, Anda tak perlu khawatir, uraian berikut adalah sedikit rahasia pikiran pria yang berhasil terkuak mengenai wanita seperti apa yang mereka anggap menarik?

Ternyata, jalan pikiran pria mengenai penampilan wanita, mendorong para ahli untuk melakukan riset guna mengetahui rahasia para pria tersebut. Hasilnya, studi teranyar itu menemukan bahwa pria lebih senang memandangi wajah wanita yang relatif biasa-biasa saja.

Bagaimana sebenarnya bentuk wajah wanita yang pria kategorikan biasa-biasa ini? Menurut para peneliti, pria tertarik dengan wanita berwajah simetris seperti milik aktris Mila Kunis.

Para peneliti dari Universidad Autonoma de Madrid, Spanyol, melakukan survei terhadap 266 orang mahasiswi tentang pandangan mereka akan sisi menarik penampilan. Kemudian, para peneliti juga mengajukan pertanyaan terhadap 44 orang wanita untuk menilai sisi menarik setiap wanita hanya berdasarkan foto hitam-putih dan tanpa senyum.

Secara independen, para peneliti menggunakan kriteria simetris untuk melakukan kategorisasi terhadap para wanita dari standar hingga unik dan tampilan wajah yang terlihat muda hingga tua. Hasilnya, baik pria maupun wanita setuju bahwa simetri wajah yang menampilkan keseimbangan setiap sisi wajah lebih menarik ketimbang wajah yang tidak simetris.

Hal lain yang mengejutkan adalah para pria lebih tertarik pada bentuk wajah wanita yang masuk dalam kategori standar. Selain itu, para pria juga lebih tertarik pada wanita yang terlihat lebih muda. Nah, adakah penjelasan tentang kecenderungan tersebut?

Para peneliti menjelaskan bahwa para pria mengasosiasikan bentuk wajah yang standar dengan heterozigositas yang tinggi. Maksudnya adalah variabilitas genetik yang tinggi. Sementara itu, bentuk wajah yang unik membuat pria secara sadar mengaitkan wanita dengan heterozigositas yang rendah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com