Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merek Sepatu Italia Ini Tampilkan Iklan Bebas Editan

Kompas.com - 24/07/2015, 15:00 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


KOMPAS.com - Woz Shoes, merek sepatu asal Italia mengumumkan bahwa mereka akan menampilkan iklan bebas sentuhan edit filter aplikasi foto yang biasanya kerap digunakan. Dalam iklan yang ditampilkan pada akun Instagram @wozshoez, slogan "Normal is special" atau yang berarti "Tampil biasa itu istimewa" ditekankan untuk menampilkan iklan apa adanya. Iklan ini akan menampilkan model tanpa editan pada bentuk tubuh, kulit wajah dan muka, rambut serta bagian lain yang sering dianggap tak indah pada suatu iklan.

Hal ini dilakukan untuk memberi pesan pada para kaum wanita, khususnya remaja untuk percaya bahwa mereka memiliki karisma mengagumkan dan cantik alami tanpa perlu sentuhan proses digital. Woz Shoes menyampaikan pesan positif untuk mencintai diri sendiri apa adanya. Jika disandingkan, iklan tanpa editan Woz Shoes ini juga tak kalah dengan deretan iklan lain yang tentunya malaui banyak proses edit foto. Woz Shoes menampilkan para model secara alami dengan menonjolkan keindahan sepatu yang memang ditawarkan. Sebelum Woz Shoes, merek busana Modcloth dan Aerie juga telah mengucapkan selamat tinggal pada proses edit foto untuk setiap lansiran iklannya.

Proses edit foto pada iklan sebenarnya sangat membahayakan. Berdasarkan data laporan yang disebutkan hellogiggles, sebanyak 42 persen anak perempuan di kelas 1 hingga 3 tingkat dasar ingin terlihat lebih kurus. Selanjutnya sebanyak 78 persen remaja perempuan usia 17 tahun tak bahagia dengan tubuh mereka, kemudian 30 persen siswi sekolah menengah atas dan 16 persen siswa menengah atas mengalami gangguan makan seperti anoreksia atau bulimia. Bahkan yang lebih mengkhawatirkan lagi, remaja wanita banyak dilaporkan lebih takut mengalami kenaikan berat badan daripada terjangkit penyakit kanker, kehilangan orang tua ataupun terkena imbas perang nuklir.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com